ANALISIS

Melihat Peluang Duet Ronaldo dan Messi di Juventus

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 09:15 WIB
Foto combo cristiano ronaldo dan lionel messi. (AP/ AFP) Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi pemain yang paling disorot dalam satu dekade terakhir. (AP/ AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumor duet Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Juventus berkembang dalam beberapa waktu terakhir. Duet yang sangat fantastis untuk dibayangkan dan cukup sulit untuk diwujudkan.

Ronaldo dan Messi adalah dua pemain terbaik dalam lebih dari satu dekade terakhir. Keduanya adalah mesin gol yang konsisten tampil produktif dari musim ke musim.


Berikut penjabaran poin yang memungkinkan duet ini terwujud di Juventus:Seiring dengan usia keduanya mulai memasuki senja, pikiran untuk menyaksikan duet impian kembali terlintas. Ronaldo dan Messi dianggap bisa menghadirkan kombinasi dahsyat di lapangan.


1. Lionel Messi Frustrasi di Barcelona

Lionel Messi terus mengutarakan kekecewaannya dengan situasi di Barcelona dalam satu tahun terakhir. Messi tidak membenci Barcelona namun ia benci dengan cara Joseph Bartomeu dan stafnya dalam cara menangani Barcelona.

Messi beberapa kali kecewa dengan kebijakan Barcelona dalam pembentukan tim. Bila Barcelona gagal jadi juara, baik itu La Liga atau Liga Champions, rasa frustrasi Messi bisa mencapai puncak. Messi bisa memutuskan untuk pergi dari Barcelona untuk memulai petualangan baru.

Barcelona's Lionel Messi grimaces in pain during the Spanish La Liga soccer match between RCD Espanyol and Real Madrid at the Cornella-El Prat stadium in Barcelona, Spain, Sunday, June 28, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Lionel Messi sering terlihat kecewa dengan kebijakan Barcelona. (AP/Joan Monfort)

2. Rasa Penasaran Ronaldo dan Messi

Bila pembicaraan perekrutan Lionel Messi menjurus ke arah yang lebih serius, Cristiano Ronaldo sebagai bintang paling terang di Juventus tentu bakal dimintai pendapat.

Andai Ronaldo juga penasaran merasakan bermain dengan Messi di tim yang sama, pembicaraan bakal lebih mudah.

Ronaldo yang selama ini sudah didukung bintang-bintang papan atas tentu kemungkinan besar bakal lebih dimanjakan dengan umpan-umpan matang Messi.

Membayangkan Ronaldo dan Messi menyerang bersamaan, hal itu tentu jadi mimpi paling buruk yang bisa dibayangkan oleh bek-bek lawan.

Juventus' Cristiano Ronaldo concentrates moments before scoring his side's thrid goal on a free-kick, during the Serie A soccer match between Juventus and Torino, at the Allianz Stadium in Turin, Italy, Saturday, July 4, 2020. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)Cristiano Ronaldo pasti bakal dimintai pendapat bila Juventus serius memburu Messi. AP/Marco Alpozzi)

3. Adidas Sponsor Juventus dan Messi

Adidas jadi sponsor Juventus hingga 2027. Dengan sosok Messi selama ini jadi ikon adidas, hal itu bisa turut memperlancar proses kepergian Messi ke Juventus.

[Gambas:Video CNN]

Berikut poin-poin yang menghalangi duet Ronaldo-Messi tercipta di Juventus:

1. Gaji Besar Messi

Lionel Messi adalah pemain dengan gaji terbesar di dunia. Bila Messi pindah ke Juventus dengan standar gaji yang sama, Juventus tentu bakal kesulitan memenuhi gaji tersebut.

Sejauh ini Juventus sudah menanggung gaji besar Ronaldo dan beberapa pemain bintang lainnya macam Paulo Dybala, Douglas Costa, hingga Giorgio Chiellini dan Buffon.

Faktor gaji ini yang bakal jadi penghambat kedatangan Messi bila pemain Argentina tersebut tidak menurunkan standar gajinya dengan drastis.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

2. Kedatangan Neymar

Bursa transfer musim depan bakal memiliki peran penting dalam perjalanan karier Lionel Messi di Barcelona. Bila Blaugrana berhasil mendapatkan Neymar kembali ke Camp Nou, besar kemungkinan hal itu turut pula berarti menutup pintu keluar Messi.

PSG's Neymar celebrates after scoring his side's opening goal during the Champions League round of 16 first leg soccer match between Borussia Dortmund and Paris Saint Germain in Dortmund, Germany, Tuesday, Feb. 18, 2020. (AP Photo/Michael Probst)Keberhasilan Barcelona mendapatkan Neymar bisa membuat Lionel Messi bisa lebih tenang. (AP Photo/Michael Probst)

Dalam dua musim terakhir, Messi selalu mengutarakan keinginan untuk kembali bermain dengan Neymar di Barcelona. Messi selalu menganggap Neymar sebagai rekan yang hebat di Barcelona. Jika Neymar kembali, Messi kemungkinan besar tidak akan tergoda pergi dari Barcelona. Bahkan Messi mungkin mengakhiri karier di klub tersebut.

3. Merusak Skema Juventus

Juventus butuh waktu lama untuk membuat Paulo Dybala dan Cristiano Ronaldo bisa tampil padu di lapangan. Kehadiran Messi bisa merusak kinerja yang sudah dibangun sejak lama.

Juventus' Paulo Dybala in action during the Serie A soccer match between Juventus and Lecce, at the Allianz Stadium in Turin, Italy, Friday, June 26, 2020. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)Juventus bakal mengorbankan Paulo Dybala bila coba wujudkan duet Ronaldo-Messi. (AP/Fabio Ferrari)

Dengan gaya main yang serupa, sulit melihat Messi bermain bersama Dybala di Juventus. Hal tersebut sudah berlaku di Argentina selama ini. Jika Messi datang dan Dybala lebih sering jadi cadangan, bukan tak mungkin Juventus malah kehilangan Dybala yang hengkang ke klub lain.

Merujuk pertimbangan Dybala masih berusia 26 tahun, Bianconeri tentu menyadari bahwa Dybala bisa jadi salah satu pemimpin masa depan Juventus dan layak untuk diberi perhatian khusus saat ini.

(jun)