Kamaru Usman Ungkap Alasan Jarang Menang KO di UFC

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 12:07 WIB
LAS VEGAS, NEVADA - DECEMBER 14: UFC welterweight champion Kamaru Usman prepares for his title defense against Colby Covington during UFC 245 at T-Mobile Arena on December 14, 2019 in Las Vegas, Nevada. Usman retained his title with a fifth-round TKO.   Steve Marcus/Getty Images/AFP Kamaru Usman lebih senang mendominasi lawan dari awal hingga akhir pertarungan. (Steve Marcus/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang lawan Jorge Masvidal di UFC 251Kamaru Usman menyebut dirinya memang lebih menyukai tampil dominan sepanjang laga di UFC karena hal tersebut lebih menjatuhkan mental lawan.

Usman baru satu kali merasakan kekalahan dalam kariernya dan ia belum pernah mengecap kekalahan sejak bertarung di bawah bendera UFC.

Namun dari deret kemenangan tersebut, Usman termasuk jarang menang KO/TKO. Usman hanya tujuh kali menang KO/TKO dan khusus untuk di UFC, Usman baru dua kali melakukannya.


"Itu adalah level yang berbeda untuk menghancurkan mental seseorang. Itulah alasan saya suka menghancurkan lawan sepanjang laga," ujar Usman dikutip dari Cage Side Press.

LAS VEGAS, NEVADA - MARCH 02: Tyron Woodley (R) and Kamaru Usman, of Nigeria, fight during their welterweight title bout during UFC 235 at T-Mobile Arena on March 02, 2019 in Las Vegas, Nevada.   Isaac Brekken/Getty Images/AFPKamaru Usman lebih sering menang angka. (Isaac Brekken/Getty Images/AFP)

Bagi Usman, kemenangan angka mutlak yang menunjukkan dominasi dirinya atas lawan-lawan sepanjang laga lebih mematikan dibandingkan kemenangan lewat KO/TKO atau submission.

Dengan kemenangan macam itu, Usman bisa dengan tegas menyatakan perbedaan kualitas dengan lawan-lawan. Usman juga yakin lawan yang kalah bakal jera untuk meminta rematch.

"Bila seorang petarung melepaskan pukulan cepat dan menang di ronde pertama, sang lawan yang kalah tersebut bisa melanjutkan karier dengan berkelit,'Bila saja saya bisa lebih sigap, saya kecolongan, saya terperangkap dan sebagainya. Mereka bisa berucap ini dan itu, berbagai macam alasan."

"Ketika dirimu mengalahkan lawan sejak awal sampai akhir pertarungan dan menunjukkan perbedaan kualitas dengan jelas, hal itu benar-benar menghancurkan mereka. Hal itu benar-benar merampas kepercayaan diri dan tak bisa kembali. Itulah tipe pertarungan yang tidak diinginkan," kata petarung berjuluk 'Nigerian Nightmare'.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Kamaru Usman saat ini dalam persiapan menghadapi Jorge Masvidal di UFC 251 yang diselenggarakan di Fight Island, Abu Dhabi. Jorge Masvidal datang sebagai petarung pengganti setelah Gilbert Burns gagal dalam tes corona.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/har)