Mengenal Fight Island, Arena Pertarungan UFC 251

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 14:32 WIB
Aerial View of Yas Island Abu Dhabi Fight Island berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (iStockphoto/deveritt)
Jakarta, CNN Indonesia --

Duel UFC 251 antara Kamaru Usman lawan Jorge Masvidal bakal berlangsung di Fight Island. Berikut penjelasan Fight Island yang digagas oleh Dana White.

Dana White menyuarakan kegusarannya terhadap kelangsungan olahraga, terutama UFC yang dipimpinnya ketika pandemi corona melanda dunia sejak Maret lalu. White lalu menyatakan bahwa UFC bersedia jadi ajang olahraga pertama yang jadi pelopor untuk kembali bergulir.

Duel UFC 249 antara Tony Ferguson lawan Khabib Nurmagomedov yang kemudian diganti oleh Justin Gaethje diperjuangkan untuk tetap dilaksanakan. Lantaran kesulitan memperoleh izin, duel UFC 249 di 18 April harus mundur ke 9 Mei.


Berkaca dari hal itu, White menyuarakan gagasan 'Fight Island' yaitu duel di sebuah pulau yang terisolasi sehingga pengurusan izin petarung bakal lebih mudah. Selain soal izin, kontrol terhadap tiap petarung untuk memenuhi protokol kesehatan di masa pandemi corona juga lebih mudah dijalankan.

White yakin Fight Island bakal berguna bagi kelancaran ajang-ajang UFC lantaran akhir dari pandemi corona masih belum bisa diprediksi.

ATLANTA, GEORGIA - APRIL 13: UFC president Dana White stands in the ring during the UFC 236 event at State Farm Arena on April 13, 2019 in Atlanta, Georgia.   Logan Riely/Getty Images/AFPDana White menilai Fight Island bisa jadi solusi untuk UFC agar tak terkendala perizinan dalam menggelar ajang.(AFP/Logan Riely)

Sejak Mei 2020, White terus menyuarakan 'Fight Island' namun tidak menyebutkan lokasi tepatnya. White bahkan sempat terlibat rumor membeli pulau kosong untuk menyelenggarakan pertandingan.

Keinginan White untuk mendirikan 'Fight Island' terasa makin fantastis karena ia yakin 'Fight Island' sudah bisa dibuka di bulan Juli, tepatnya pada laga UFC 251.

Ambisi White itu terkabul dan White menyebut 'Fight Island' adalah Yas Island yang berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Merujuk lokasi 'Fight Island' adalah Yas Island, ucapan White bahwa bakal membangun tempat itu hanya dalam kurun waktu tiga bulan menjadi masuk akal.

Pasalnya Yas Island yang memiliki total luas 25 km persegi sudah terbiasa menggelar ajang internasional. Di dunia olahraga, Yas Island adalah tuan rumah untuk Formula 1 GP Abu Dhabi. Dengan demikian, segala macam fasilitas yang diperlukan seperti hotel dan rumah sakit sudah komplet tersedia.

Pihak UFC tinggal mempersiapkan arena pertarungan dan beberapa hal pendukung lainnya.

Sebagai peresmian 'Fight Island' di UFC, UFC 251 bakal menggelar tiga laga perebutan gelar yang masuk dalam lima partai utama.

Selain duel perebutan juara kelas welter antara Kamaru Usman lawan Jorge Masvidal, dua duel lainnya adalah Alexander Volkanovski vs Max Holloway (kelas bulu) dan Petr Yan vs Jose Aldo (kelas bantam).

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)

[Gambas:Video CNN]