Bukan VAR atau Penalti, Courtois Bintang Madrid Sesungguhnya

CNN Indonesia | Sabtu, 11/07/2020 11:45 WIB
Real Madrid's goalkeeper Thibaut Courtois passes the ball during the Spanish La Liga soccer match between Real Madrid and Getafe at the Alfredo di Stefano stadium in Madrid, Spain, Thursday, July 2, 2020. (AP Photo/Bernat Armangue) Thibaut Courtois clean sheet dalam 18 pertandingan liga musim ini. (AP/Bernat Armangue)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penjaga gawang Thibaut Courtois adalah bintang sesungguhnya dalam kesuksesan Real Madrid berada di puncak klasemen Liga Spanyol sejauh ini.

Ketika Madrid berada di puncak klasemen La Liga sejak pekan ke-30, rumor Los Blancos mendapat bantuan dari wasit, VAR, dan penalti bermunculan.

Padahal, tim asuhan Zinedine Zidane itu memiliki pemain yang kerap menentukan kemenagan Los Merengues. Kiper Thibaut Courtois adalah faktor lain dari kesuksesan Madrid sejauh ini.


Kemenangan 2-0 Madrid atas Deportivo Alaves di Alfredo Di Stefano, Sabtu (11/7) dini hari WIB, menjadikan Courtois mengoleksi 18 clean sheet dri 32 pertandingan di musim ini.

Dikutip dari Squawka, rapor itu menjadikan Courtois kiper dengan jumlah clean sheet tiga kali banyak di antara pemain lain di lima liga top Eropa.

Menariknya, 5 dari 18 clean sheet itu dicetak kiper timnas Belgia tersebut dalam lima pertandingan beruntun. Total dalam 32 pertandingan Liga Spanyol musim ini Courtois hanya kebobolan 18 kali.

Meski demikian, rapor penyelamatan Courtois masih kalah dibandingkan dengan beberapa kiper klub La Liga lainnya.

Menurut situs resmi La Liga, Courtois berada di urutan ke-14 sebagai kiper dengan penyelamatan terbanyak, 71 penyelamatan dalam 32 laga, atau persentase penyelamatannya 2,22 persen.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Di posisi tertinggi ada kiper Levante Aitor Fernandez dengan 155 penyelamatan dalam 35 pertandingan (4,43 persen penyelamatan). Courtois hanya unggul tipis atas kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen yang menempati posisi ke-11 dengan 72 penyelamatan (persentase 2,18 persen).

Pelatih Madrid Zinedie Zidane tidak segan melontarkan pujian kepada kiper 28 tahun tersebut atas performa apiknya.

"Dia memiliki pengaruh besar, dia kiper kami. Apa yang dia lakukan di setiap pertandingan fenomenal. Ini adalah masalah bagi semua orang ketika bertahan, tetapi Thibaut melayani itu," ujar Zidane dikutip dari AS.

(sry/sry)

[Gambas:Video CNN]