Legenda Timnas Inggris dan Leeds Jack Charlton Meninggal

CNN Indonesia | Sabtu, 11/07/2020 16:01 WIB
FILE - In this May 18, 1967 file photo Leeds United's England international Jack Charlton holds his award after being elected Footballer of the Year by the Football Writers' Association at the Association's annual dinner at the Cafe Royal, London.  Jack Charlton, who won the World Cup with England in 1966, has died it was announced on Saturday July 11, 2020. He was 85. (PA via AP) Jack Charlton meninggal di usia 85 tahun. (PA via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Legenda Leeds United dan timnas Inggris, Jack Charlton, meninggal dunia di usia 85 tahun setelah melawan sakit jangka panjang.

Leeds mengkonfirmasi Charlton meninggal pada Jumat (10/7) waktu setempat. Pemilik rekor 773 penampilan bersama Leeds itu dikenal sebagai salah satu bek tangguh di sepanjang masa.

Charlton juga tercatat sebagai personel timnas Inggris yang sukses menjuarai Piala Dunia 1966. Kala itu The Three Lions keluar sebagai juara usai mengalahkan Jerman Barat 4-2 di Wembley.


Debutnya bersama timnas Inggris terjadi pada 10 April 1965 saat melawan Skotlandia. Ia juga merupakan bagian penting dari skuat Piala Dunia 1966 di bawah arahan Sir Alf Ramsay.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Di level klub, Charlton mencetak rekor penampilan terbanyak dalam sejarah klub (773 laga). Ia juga tercatat dalam daftar 10 pencetak gol terbanyak klub dengan torehan 96 gol.

Kakak kandung dari Bobby Charlton tersebut juga terbilang sukses sebagai pelatih. Ia berhasil memimpin Republik Irlandia lolos ke Piala Dunia an Piala Eropa selama 10 tahun bertugas sebagai pelatih.

"Jack meninggal dengan damai pada Jumat 10 Juli pada usia 85 tahun di kediamannya, Northumberland, bersama keluarga yang berada di sisinya," bunyi pernyataan dari keluarga Charlton.

Pihak keluarga mengaku bangga memiliki Charlton yang merupakan teman bagi banyak orang, dan juga sosok suami, ayah, kakek, dan kakek buyut yang sangat dipuja semua lapisan masyarakat.

"Dia adalah pria yang benar-benar jujur, baik, lucu, dan tulus serta selalu punya waktu untuk semua orang. Kehilangan akan meninggalkan lubang besar di sepanjang hidup kami, tetapi kami juga berterima kasih atas kenangan indah seumur hidup," demikian pernyataan dari keluarga Charlton.

(jun/jun)

[Gambas:Video CNN]