Arteta: Arsenal Butuh Van Dijk

CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 00:07 WIB
Liverpool's Virgil van Dijk runs with the ball during the English Premier League soccer match between Liverpool and Aston Villa at Anfield Stadium in Liverpool, England, Sunday, July 5, 2020. (Carl Recine/Pool via AP) Mikel Arteta butuh pemain seperti Virgil van Dijk. (AP/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengatakan The Gunners membutuhkan pemain seperti bek Virgil van Dijk jelang melawan Liverpool pada pekan ke-36 Liga Inggris di Stadion Emirates, Kamis (16/7) dini hari waktu Indonesia.

Arsenal gagal bersaing di papan atas Liga Inggris musim ini. Salah satu penyebabnya, lini belakang klub asal London itu terlalu rapuh. Hal itu ditunjukkan dengan kebobolan 44 gol dalam 35 pertandingan sejauh ini.

Arteta tidak membantah, salah satu poin agar Arsenal bisa bersaing di papan atas adalah memiliki pemain belakang seperti Virgil van Dijk.


“Ya karena itulah cara saya percaya tim harus dibangun. Mereka [Liverpool] kebobolan gol, dengan beberapa kesalahan individu dan beberapa bola mati juga,” ujar Arteta dikutip dari Mirror.

“Dan saat mereka menyentuh tulang punggung tim, itu berubah secara dramatis. Jadi itu adalah perbaikan yang cepat,” ucap Arteta menambahkan.

[Gambas:Video CNN]

Sebelum juara Liga Champions 2019 dan Liga Inggris 2019/2020, Liverpool kali terakhir juara pada 2011/2012 saat memenangi Piala Liga. Sejak itu, Liverpool memiliki permasalahan di lini belakang dan kiper.

Tetapi, dua musim setelah Jurgen Klopp tiba di Liverpool, Merseyside Merah langsung menemukan pemain yang tepat guna menambal lubang-lubang tersebut dengan mendatangkan Van Dijk dari Southampton (Januari 2018), dan gelandang Fabinho serta kiper Alisson pada Juli 2018.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Perekrutan-perekrutan itu membuat Liverpool menjadi tim kuat dan menjuarai Liga Champions serta Premier League dalam dua musim beruntun.

“Anda mendapatkan salah satu bek terbaik di dunia dengan penjaga gawang terbaik di dunia dengan salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia, dan Anda mengubahnya dengan cepat,” tutur eks asisten pelatih Manchester City itu.

Pelatih asal Spanyol itu juga menyinggung Man City yang berubah setelah mendatangkan Aymeric Laporte. Hanya saja, saat ini Arsenal tidak bisa mengikuti jejak Liverpool dan Man City untuk mendatangkan sejumlah bintang.

“Tapi kami harus tahu, bahwa kami harus melakukannya dengan sumber daya sendiri. Kami harus menemukan caranya,” kata Arteta.

(sry/bac)