Jadwal Piala Dunia 2022: Sehari 4 Laga

CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2020 21:16 WIB
FILE - In this Tuesday, Dec. 17, 2019 file photo, workers at the Al Bayt Stadium, one of the 2022 World Cup stadiums, in Al Khor, about 50 kilometers (30 miles) north of Doha, Qatar. The 2022 World Cup will open with four games every day in a 12-day group stage and some matches that go into extra time will extend past midnight in Qatar. FIFA on Wednesday July 15, 2020 released the match schedule for the first World Cup to be played across November-December. (AP Photo/Hassan Ammar, File) Foto ilustrasi. Stadion Al Bayt Doha yang akan menjadi salah satu venue Piala Dunia 2022 di Qatar. (AP/Hassan Ammar)
Jakarta, CNN Indonesia --

FIFA telah merilis jadwal pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar yang akan digelar pada November hingga Desember.

Berdasarkan jadwal tersebut, babak penyisihan bakal digelar empat laga sekaligus dalam waktu sehari.

Dengan demikian, fase grup hanya bakal berlangsung selama 12 hari karena jadwal dipadatkan menjadi empat pertandingan per hari.


"Bertujuan untuk memberikan seluruh tim waktu istirahat yang optimal, fase grup akan berlangsung selama 12 hari dengan empat laga per hari."

"Itu juga akan menyajikan jadwal yang penuh dan menarik bagi para fan," demikian keterangan dalam situs resmi FIFA.

(FILES) This file photo taken on June 17, 2017 shows the 2018 World Cup logo outside the Kazan Arena stadium in Kazan, Russia, ahead of the Russia 2017 Confederation Cup football tournament.Restaurant staff are taking crash language courses and landlords are jacking up prices as the mostly Muslim capital of Russia's Olympic dreams prepares to host the World Cup. / AFP PHOTO / FRANCK FIFEFoto ilustrasi. Piala Dunia 2018 di Rusia. (AFP PHOTO / FRANCK FIFE)

Dengan sistem penjadwalan pertandingan yang lebih padat dan jarak antara stadion relatif dekat, FIFA mengklaim laga itu bakal memanjakan para penggemar yang datang.

"Tak perlu melakukan perjalanan via udara di antara venue, akan membuat penyelenggara untuk kali pertama mengoptimalkan permintaan laga tertentu demi keuntungan dan kenyamanan para fan, tim-tim, dan media," terang FIFA.

Berbeda dengan Piala Dunia 2018, jangka waktu fase grup hingga 15 hari yaitu 14-28 Juni. Sedangkan pertandingan dimainkan rata-rata tiga laga per hari.

Hanya satu hari yang dimainkan dengan satu pertandingan yaitu pada laga pembuka Piala Dunia 2018 pada 14 Juni antara Rusia vs Arab Saudi.

Jadwal Piala Dunia 2020 juga berbeda dengan agenda Piala Dunia edisi sebelumnya. Pesta sepak bola paling bergengsi di dunia itu digelar mulai 21 November hingga 18 Desember.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Biasanya Piala Dunia dimainkan pada tengah tahun atau bertepatan dengan musim panas di belahan bumi utara. Namun, Piala Dunia di Qatar digelar pada pengujung tahun 2022 atau bertepatan dengan musim dingin.

Pergeseran waktu itu dilakukan untuk menghindari bahaya gelombang panas di kawasan Timur Tengah sehingga hajatan dilakukan memasuki musim dingin.

Total hanya ada delapan stadion yang akan menjadi venue Piala Dunia 2022. Venue tersebut antara lain Stadion Al Bayt, Stadion Internasional Khalifa, Stadion Al Thumma, dan Stadion Al Rayyan.

Ada pula Stadion Lusail, Stadion Ras Abu Aboud, Stadion Education City, dan Stadion Al Janoub yang juga akan menjadi venue ajang tersebut.

Dengan demikian pada babak penyisihan, empat stadion akan memainkan satu laga di hari yang sama dari pukul 13.00 hingga 19.00 waktu setempat. Hari berikutnya empat stadion bakal memainkan masing-masing satu laga demikian seterusnya.

Laga final sendiri akan digelar di Stadion Lusail pada 18 Desember.

Jumlah itu masih tak sebanyak Piala Dunia 2018 di Rusia yang menggunakan 12 stadion untuk venue fase grup hingga final. Meski demikian, jarak dari satu stadion ke stadion lainnya amat jauh dan membutuhkan moda transportasi udara.

[Gambas:Video CNN]

(bac/sry)