4 Syarat Rossi Bisa Menang di MotoGP 2020

CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 20:30 WIB
Monster Energy Yamaha MotoGP Italian driver Valentino Rossi rides during the fourth free practice session of the MotoGP Valencia Grand Prix at the Ricardo Tormo racetrack in Cheste near Valencia, on November 16, 2019. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) Valentino Rossi masih punya peluang menang di MotoGP 2020. (JOSE JORDAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setidaknya ada empat syarat bagi Valentino Rossi untuk memenangkan podium pada salah satu seri MotoGP 2020, termasuk di MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7).

Rossi belum mau pensiun karena penasaran untuk memenangkan MotoGP. Sebelumnya, The Doctor gagal meraih satu pun kemenangan di MotoGP 2019.

Pebalap Yamaha itu pun masih berkesempatan untuk memperbaiki catatan buruknya itu pada MotoGP 2020. Salah satu yang diincar adalah kemenangan di MotoGP Spanyol.


Berikut 4 syarat Rossi bisa menang di MotoGP Spanyol:

1. Memaksimalkan Masa Lockdown untuk Perbaikan Teknis

Masa vakum MotoGP karena pandemi virus corona (Covid-19) sejatinya menjadi momen bagi semua tim melakukan evaluasi lagi. Salah satu yang tak kalah penting adalah perbaikan sisi teknis.

Yamaha termasuk yang kerap bermasalah dalam hal teknis motor ketimbang Honda. Masa-masa locdown lalu tentu seharusnya dimanfaatkan bagi teknisi masing-masing untuk mengulik sejumlah masalah teknis.

Monster Energy Yamaha's Italian rider Valentino Rossi leaves the pit lane during the first day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 7, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)Valentino Rossi saat melakukan tes di MotoGP Malaysia. (Mohd RASFAN / AFP)

Jika masa vakum itu dimanfaatkan dengan baik untuk perbaikan teknis, Rossi bisa lebih nyaman menunggangi motor M1 dan menang di MotoGP Spanyol.

2. Tanpa Penonton Bisa Bikin Rossi Lebih Fokus

Sama seperti ajang olahraga lainnya, MotoGP 2020 digelar tanpa penonton. Situasi ini bisa membuat para pebalap kurang termotivasi.

Namun, balapan tanpa penonton juga bisa menjadi keuntungan yang tersembunyi bagi Rossi. The Doctor justru bisa lebih fokus tanpa ada keriuhan para penonton dari tribune.

Tak bisa dimungkiri, fan setia Rossi kerap hadir di tribune dan selalu meriuhkan suasana di tribune sirkuit. Ditambah lagi para suporter Marc Marquez yang semakin banyak dalam beberapa tahun belakangan.

Bukan tanpa alasan situasi itu bisa membuat konsentrasi Rossi terpecah di trek.

3. Jika Rossi Bersahabat dengan Setelan Ban

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Jika Rossi dan tim berhasil menemukan formula yang tepat dalam setelan ban di tengah cuaca yang tak pasti, dia bisa memenangkan MotoGP Spanyol.

4. Faktor Keberuntungan untuk Rossi

Faktor keberuntungan juga memainkan peranan tak kalah penting. Salah satunya adalah jika situasinya menguntungkan Rossi dan sebaliknya, merugikan rival terberat seperti Marc Marquez, The Doctor bisa melejit di posisi terdepan.

Situasi udara yang cenderung stabil juga bisa menjadi keuntungan bagi Rossi untuk bersaing di barisan depan.

Balapan MotoGP 2020 bakal dimulai di MotoGP Jerez Spanyol akhir pekan ini. Balapan MotoGP Jerez Spanyol bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]

(bac/sry)