Van Dijk Lebih Buruk daripada Maguire

CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 19:19 WIB
Harry Maguire dan Virgil van Dijk Virgil van Dijk lebih buruk dari Harry Maguire. (AFP PHOTO / John THYS / AP Photo/Dave Thompson)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bintang Liverpool Virgil van Dijk memiliki performa yang lebih buruk ketimbang pemain belakang Manchester United, Harry Maguire, di Liga Inggris musim ini.

Usai juara Premier League, Liverpool mengalami kemerosotan penampilan dengan dua kali kalah dan sekali imbang dalam lima pertandingan. Catatan itu membuat bek Virgil van Dijk dalam sorotan.

Puncaknya ketika The Reds kalah 1-2 dari Arsenal di pekan ke-36, Kamis (16/7) dini hari waktu Indonesia. Salah satu gol Arsenal yang dicetak Alexandre Lacazette di menit ke-32 merupakan buah kesalahan Van Dijk.


Operan Van Dijk yang tidak jelas kepada Fabinho atau kiper Alisson dipotong Lacazette dan menjadi gol. Blunder tersebut merupakan yang pertama dan berbuah kebobolan untuk timnya.

Dikutip dari Sportbible, insiden melawan Arsenal itu menjadikan Van Dijk 'unggul' dalam eror yang berujung kebobolan atas bek MU Harry Maguire berdasarkan statistik Premier League.

[Gambas:Video CNN]

Van Dijk dan Maguire layak mendapat perhatian dari publik. Didatangkan pada Januari 2018, bek asal Belanda itu memberikan andil besar untuk pertahanan The Reds. Sedangkan Maguire yang direkrut awal musim ini diharapkan bisa memberikan dampak serupa bagi MU, seperti halnya Van Dijk di Liverpool.

Akan tetapi, peran Maguire bersama Setan Merah tidak semulus Van Dijk. Bek timnas Inggris itu jadi sorotan karena kesalahannya di beberapa laga terakhir setelah Liga Inggris "restart".

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Gol Steven Bergwijn (Tottenham Hotspur) serta dua gol dari Southampton di pertandingan sebelumnya diklaim karena imbas kesalahan Maguire.

Menurut statistik WhoScored, melawan The Saints menjadi penampilan terburuk Maguire. Eks bek Leicester City itu memiliki nilai 6,28.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan Van Dijk, Maguire masih lebih baik. Karena, saat Liverpool kalah dari Arsenal, Van Dijk mendapat nilai 5,71. Maguire juga tercatat tidak pernah membuat blunder yang langsung berujung kebobolan untuk MU.

Selain gol Lacazette, The Gunners menang atas Liverpool karena gol Reiss Nelson di menit ke-44 yang berawal dari blunder Alisson. Kekalahan itu membuat tim asuhan Jurgen Klopp ini gagal melewati rekor 100 poin milik Manchester City dalam semusim pada 2017/2018.

(sry/bac)