Rossi Nilai Bos Michellin Salah Kaprah soal Ban

CNN Indonesia | Minggu, 19/07/2020 10:40 WIB
Movistar Yamaha Moto GP's Italian rider Valentino Rossi listens during a press conference ahead of the Moto GP Czech Grand Prix in Brno, Czech Republic on August 1, 2019. (Photo by Michal CIZEK / AFP) Valentino Rossi nilai bos Michellin, Piero Taramasso, salah kaprah soal masalah ban yang dihadapi The Doctor. (Michal CIZEK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang MotoGP Spanyol 2020, Valentino Rossi menilai asumsi manajer Michellin, Piero Taramasso, soal ban jelas salah kaprah.

Sebelumnya kepada Sky Sports, Taramasso menyalahkan gaya balap Rossi yang menyebabkan pembalap itu selalu bermasalah dengan ban. The Doctor sendiri hanya mampu berada di posisi start 11 usai kualifikasi di Sirkuit Jerez, Minggu (18/7).

Rossi dianggap terlalu bertumpu pada rotasi ban sehingga kondisi ban gampang kepanasan dan kehilangan daya cengkeram.


Usai kualifikasi, Rossi langsung menampik pernyataan Taramasso yang malah menilai gaya balapan pembalap kawakan itu selalu bermasalah dengan ban.

Monster Energy Yamaha MotoGP rider Valentino Rossi of Italy takes a corner during the second free practice session at the Twin Ring Motegi circuit in Motegi, Tochigi prefecture on October 18, 2019. (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)Valentino Rossi mengatakan selalu menggunakan ban keras di depan. (TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

"Saya tidak setuju dengan Taramasso. Saya mendengar wawancaranya. Namun jika Anda mengamati foto-foto, saya terlihat sangat tidak bertumpu pada motor karena hanya melihat dari sudut pandang itu."

"[Dahulu] dengan ban Bridgestone pun kami tak banyak bertumpu pada motor [lebih mengandalkan ban] ketimbang sekarang. Saat ini dengan Michellin, Anda tak bisa terlalu banyak tidak bertumpu pada motor. Namun jika Anda memperhatikan posisi saya, itu tidak benar," ujar Rossi dikutip dari Crash.

Rossi mengatakan kenyataannya bukan karena gaya balapan dia yang menjadi masalah sehingga belum tercapai 'kemesraan' dengan ban saat ini.

"Masalahnya bukan itu. Contohnya [Andrea] Dovizioso. Adalah pembalap dengan gaya yang amat bergantung pada motor. Namun dia juga tak selesai dengan [masalah] ban. Jadi bagi saya, itu bukan masalah," terang Rossi.

Rossi kemudian menyinggung kondisi ban Michellin yang sulit diatasinya saat ini.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Biasanya sepanjang karier, saya selalu membalap lebih memilih ban keras di depan. Dahulu saya selalu yang terbaik dalam balapan dengan ban keras."

"Sekarang ban Michellin amat lunak, amat lunak permukaan dan karetnya dan bagi saya tidak mudah," kata Rossi.

Meski demikian, Rossi setuju dengan pernyataan Taramasso bahwa persoalan ban merupakan masalah The Doctor sendiri.

"Saya mengerti Taramasso, ini masalah saya, bukan masalah Michellin. Lagi pula, para pembalap lain masih bisa cepat."

"Saya setuju dengannya kami harus mencari solusi. Tapi saya tidak setuju persoalan ban karena saya tak terlalu mengandalkan pada motor," tutur Rossi.

[Gambas:Video CNN]

(bac/bac)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK