Quartararo dan Kutukan Pole Yamaha di MotoGP Spanyol 2020

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 19/07/2020 17:26 WIB
Fabio Quartararo di Babak Kualifikasi MotoGP Spanyol 2020. Fabio Quartararo diadang kutukan pole position pembalap Yamaha. (motogp.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fabio Quartararo berhasil merebut pole position MotoGP Spanyol 2020, namun terdapat kutukan pembalap Yamaha yang selalu gagal juara saat start dari posisi tersebut.

Sejumlah pembalap Yamaha tengah akrab dengan kegagalan ketika memulai balapan dari posisi pole position. Dari 18 pole position terakhir yang didapat pembalap Yamaha, tidak ada satu pun yang berujung menjadi juara.

Pembalap Yamaha terakhir yang mendapat pole position dan berakhir sebagai juara seri MotoGP adalah Maverick Vinales. Hal itu dilakukan Vinales pada MotoGP Prancis 2017.


Khusus pada musim lalu, Quartararo sendiri mencatat enam pole position. Namun di akhir perlombaan, Marc Marquez berhasil empat kali jadi pemenang dan dua seri lainnya dimiliki oleh Maverick Vinales.

Monster Energy Yamaha' Spanish rider Maverick Vinales rides during the third MotoGP free practice session of the Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on July 18, 2020. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)Maverick Vinales jadi pembalap Yamaha terakhir yang juara saat start dari pole position. (AFP/JAVIER SORIANO)

Upaya Quartararo untuk memecahkan kutukan pole position pembalap Yamaha juga tidak mudah lantaran dirinya harus mewaspadai Vinales dan Marquez sejak tikungan pertama.

Namun Quartararo setidaknya sudah memiliki pengalaman yang jauh lebih baik dibandingkan musim debutnya tahun lalu.

Andai Quartararo mampu memenangkan MotoGP Spanyol, bukan hanya kutukan pembalap Yamaha di pole position saja yang berhasil ia patahkan.

Quartararo juga bakal menghapus dahaga juara yang dialami pembalap Prancis. Pembalap Prancis terakhir yang memenangkan seri balapan grand prix di kelas paling bergengsi adalah Regis Laconi yang melakukannya di MotoGP Valencia 1999.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Sosok Quartararo jadi salah satu sosok yang patut diwaspadai musim ini. Meski masih menunggangi tim satelit, Quartararo dianggap jadi salah satu rival yang layak diwaspadai oleh Marquez.

Balapan MotoGP Spanyol bakal berlangsung hari Minggu (19/7). Balapan di sirkuit Jerez ini bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]

(har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK