Masalah Mesin Yamaha Bakal Bantu Marquez Jadi Juara

x, CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 00:54 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, masih memiliki peluang menjadi juara dunia bila melihat masalah yang dialami Yamaha. Marc Marquez dinilai masih memiliki kans mempertahankan gelar juara dunia. (Mohd RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Marc Marquez belum meraih poin sama sekali hingga dua seri MotoGP 2020 berlalu, tetapi sang juara dunia masih memiliki peluang mempertahankan gelar bila melihat masalah yang dialami Yamaha.

Mantan bos Honda, Livio Suppo, menganggap peluang Marquez mempertahankan gelar masih sangat terbuka meski kini tertinggal 50 poin dari Fabio Quartararo yang memimpin klasemen pembalap.

Suppo beranggapan motor Yamaha belum sepenuhnya stabil. Hal itu terlihat dari kegagalan finis Valentino Rossi di MotoGP Spanyol yang juga menimpa Franco Morbidelli di MotoGP Andalusia.


"Jika dia datang ke Brno dengan kondisi yang sudah lebih baik, akan ada banyak poin yang bisa diambil. Masalahnya sekarang adalah berapa lama dia bisa kembali ke kondisi 100 persen," kata Suppo.

"Jika Marc masih memiliki kendala dalam tiga atau empat balapan, mungkin semuanya menjadi sulit. Tetapi Anda juga harus menyadari masalah mesin yang dialami Yamaha. Jika motor mereka tidak dapat diandalkan, maka perebutan gelar juara masih terbuka," sambungnya.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Selain Yamaha, Suppo juga melihat Ducati memiliki masalah mesin yang bisa merugikan para pembalapnya sekaligus membantu Marquez menjadi pemuncak klasemen akhir.

Terlepas dari dominasi Marquez dalam persaingan gelar juara dunia dalam tujuh tahun terakhir, Suppo menyoroti daya saing pembalap Honda lainnya yang tertinggal dibanding tim-tim lain.

"Ketika sebuah pabrikan fokus pada satu pembalap, seperti Honda dengan Marquez, maka semuanya tergantung pada pembalap itu. [Takaaki] Nakagami meraih tempat keempat, itu bagus, tetapi jika dia lebih pintar dia bisa bersaing dengan [Valentino] Rossi untuk merebut podium," ucap Suppo mengulas balapan MotoGP akhir pekan lalu dikutip dari Tuttomotoriweb.

Cedera tulang humerus memaksa Marquez tak bisa tampil di seri kedua MotoGP 2020. Pemilik enam gelar juara dunia MotoGP itu kemungkinan baru akan kembali ke lintasan pada MotoGP Ceko 9 Agustus mendatang.

Live streaming MotoGP Ceko 2020 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan dapat dinikmati lewat Trans7.

(nva/nva)