Kontroversi Wasit Anthony Taylor Usik Pesta Arsenal

CNN Indonesia | Minggu, 02/08/2020 13:55 WIB
Wasit Anthony Taylor menjadi sorotan saat Arsenal juara Piala FA usai mengalahkan Chelsea 2-1 di Stadion Wembley. Wasit Anthony Taylor mengeluarkan kartu merah untuk gelandang Chelsea Mateo Kovacic. (AP/Catherine Ivill)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wasit Anthony Taylor menjadi sorotan saat Arsenal juara Piala FA usai mengalahkan Chelsea 2-1 di Stadion Wembley, London, Sabtu (1/8).

Wasit berusia 41 itu dinilai membuat beberapa keputusan kontroversial yang menguntungkan Arsenal. Salah satu yang paling disorot saat Taylor memberikan kartu kuning kedua kepada Mateo Kovacic (Chelsea) karena dianggap melanggar dengan keras gelandang Arsenal, Granit Xhaka.

Momen kontroversial itu terjadi saat Chelsea berupaya menyamakan kedudukan. Kovacic kalah dalam duel perebutan bola dan bagian sol sepatu pemain asal Kroasia itu sedikit mengenai Xhaka.


Xhaka lantas terkapar akibat insiden itu meski dalam tayangan ulang bagian kaki Kovacic hanya sedikit menyentuh kaki Xhaka. Taylor lantas mengeluarkan kartu kuning kedua yang berarti kartu merah buat sang pemain tanpa lebih dulu melihat Video Assistant Referee (VAR).

Arsenal players celebrate scoring an equalizer during the FA Cup final soccer match between Arsenal and Chelsea at Wembley stadium in London, England, Saturday, Aug.1, 2020. (Catherine Ivill/Pool via AP)Arsenal juara Piala FA berkat dua gol yang dicetak Pierre Emerick-Aubameyang. (AP/Catherine Ivill)

Peristiwa lain yang membuat kepemimpinan Taylor disorot saat Arsenal mencetak gol kedua. Sebelum Pierre Emerick-Aubameyang membobol gawang Willy Caballero terjadi duel antara bek Chelsea Andreas Christensen dengan bek Arsenal, Hector Bellerin.

Saat itu, Christensen terlihat lebih dulu menggapai bola dan kemudian berbenturan dengan Bellerin. Namun, Taylor tak melihatnya sebagai pelanggaran.

Bola liar yang lepas dari duel Christensen dan Bellerin bisa dikuasai Nicolas Pepe yang memberikan umpan ke Aubameyang untuk dikonversi jadi gol.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Kontroversi lainnya saat kiper Arsenal Emiliano Martinez terlihat menangkap bola di luar kotak penalti pada menit ke-79. Martinez tampak menangkap bola yang coba dikejar Tammy Abraham di ujung kotak penalti Arsenal.

Abraham sempat memprotes ke wasit karena merasa Martinez menangkap bola di luar kotak penalti. Taylor tidak menggubris protes tersebut dan pertandingan tetap dilanjutkan.

Di laga ini, Chelsea sebenarnya memulai pertandingan dengan baik karena unggul lebih dulu 1-0 melalui gol Christian Pulisic. Arsenal yang lambat panas bisa membalikkan keadaan berkat dua gol Aubameyang yang jadi kunci The Gunners meraih gelar ke-14 di Piala FA.

(jal)

[Gambas:Video CNN]