Rooney Kritik Taktik 'Bunuh Diri' Ferguson Lawan Barcelona

CNN Indonesia | Minggu, 02/08/2020 20:37 WIB
Mantan kapten Manchester United, Wayne Rooney, mengkritik taktik eks pelatihnya Sir Alex Ferguson saat lawan Barcelona. MU dua kali kalah dari Barcelona di final Liga Champions. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan striker sekaligus kapten Manchester United, Wayne Rooney, mengkritik taktik eks pelatihnya Sir Alex Ferguson saat lawan Barcelona dalam dua final Liga Champions.

MU bertemu Barcelona di final Liga Champions 2008/2009 dan 2010/2011. Pencapaian itu membuat Setan Merah mendapat banyak pujian.

Akan tetapi Manchester Merah gagal mengatasi Blaugrana dalam dua kesempatan tersebut. MU kalah 0-2 di final Liga Champions 2009 di Stadion Olimpico, dan takluk 1-3 di Stadion Wembley di final Liga Champions 2011.


Menurut Rooney, hasil lain akan didapat MU jika Alex Ferguson yang menjadi pelatih The Red Devils ketika itu menerapkan taktik berbeda.

"Kami kalah di dua final Liga Champions dari Barcelona-nya [Pep] Guardiola, dengan mencoba menekan tinggi dan mengatasinya, yang merupakan bunuh diri," ujar Rooney dikutip dari Mirror.

[Gambas:Video CNN]

"Saya ingat Alex Ferguson mengatakan 'kami Man United dan kami akan menyerang, itu ada dalam budaya klub sepak bola ini', dan berpikir 'Saya tidak terlalu yakin tentang ini'," ucap Rooney menambahkan.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Rooney menilai strategi menekan Barcelona merupakan cara yang salah untuk memenangi duel tersebut. Taktik itu dianggap Rooney berbeda dengan ketika MU menyingkirkan Barcelona di semifinal Liga Champions 2007/2008.

"Saya pikir semua pemain tahu, jauh di lubuk hati, itu adalah pendekatan yang salah, bahwa kami meninggalkan cara yang membawa kami sukses di semifinal 2008, dan tentu saja kami kalah," tutur Rooney.

"Ada yang benar bagi klub, tetapi kemudian ada yang duduk setelah itu dan berpikir 'kami kalah," kata Rooney melanjutkan.

(sry)