Jelang MotoGP Ceko, Marquez Bisa Absen Tiga Balapan

CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 14:24 WIB
Juara bertahan MotoGP Marc Marquez diprediksi bisa absen di tiga balapan setelah sebelumnya resmi gagal tampil di MotoGP Ceko 2020. Marc Marquez bisa absen di tiga balapan. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juara bertahan MotoGP Marc Marquez diprediksi bisa absen di tiga balapan berikutnya setelah sebelumnya resmi gagal tampil di MotoGP Ceko 2020 di Sirkuit Brno usai operasi lengan kanan, 7-9 Agustus 2020.

Kepastian Marquez absen di MotoGP Ceko diumumkan Honda pada Selasa (4/8). Sebagai pengganti, Stefan Bradl akan tampil di seri ketiga musim ini.

Akan tetapi, akibat operasi yang dilakukan pada Senin (3/8) waktu setempat, The Baby Alien juga terancam batal tampil di seri keempat dan kelima di MotoGP Austria serta MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull, 16 dan 23 Agustus. Marquez dioperasi pada awal pekan ini setelah pelat yang dikenakannya usai operasi pertama rusak.


Menurut pendiri Mobile Clinic, dr Claudio Costa, Marquez masih akan kesulitan pada tiga seri berikutnya setelah menjalani operasi kedua.

"Dia tentu tidak akan balapan di Brno, tapi saya pikir dia juga akan kesulitan di dua balapan berikutnya [MotoGP Austria dan Styria]," ujar Costa dikutip dari Moto.it.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Costa, hanya keajaiban yang bisa membuat Marquez balapan di Austria yang digelar kurang dari dua pekan lagi.

"Saya tidak pernah berbicara seperti ini dalam hidup saya. Operasi dilakukan untuk memberi Marquez kestabilan yang lebih bagus, dan memungkinkan dia berkendara lagi," ucap Costa.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Mengenai waktu pemulihan Marquez, dokter Costa menjelaskan semua itu tergantung besar kecil pelat yang digunakan serta aktivitas The Baby Alien usai operasi.

Marquez dianggap beruntung apabila bisa pulih dalam waktu singkat usai dua kali menjalani operasi humerus.

"Pelat yang lebih besar, lebih banyak sekrup, stabilitas fraktur, tekanan yang dia berikan pada humerus, akan memungkinkannya memiliki keberuntungan yang bisa diperbaiki dalam waktu singkat," jelas Costa.

Balapan MotoGP Ceko 2020 bakal berlangsung pada Minggu (9/8). Balapan MotoGP Ceko bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(sry)