Rencana TC Timnas di Korsel Buntu, PSSI Buka Opsi ke Eropa

CNN Indonesia | Sabtu, 08/08/2020 03:22 WIB
Rencana TC Timnas Indonesia ke Korsel mengalami kebuntuan, PSSI berencana membuka opsi ke negara-negara Eropa. Rencana TC Timnas Indonesia ke Korsel mengalami kebuntuan. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rencana pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Korea Selatan (Korsel) mengalami kebuntuan. Pasalnya, terdapat perbedaan pendapat antara Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

Iriawan menginginkan TC di luar negeri tak perlu lagi menjalani karantina 14 hari. Sementara TC di Korsel yang merupakan keinginan Shin Tae Yong harus menjalani karantina terlebih dahulu.

Iriawan pun mengatakan membuka opsi menggelar TC Timnas Indonesia tidak dilakukan di Korsel, melainkan di negara Eropa, seperti Belanda, Jerman, dan Prancis.


Menurut Iwan Bule, opsi ke Eropa itu terbuka lantaran Korea Selatan tetap memberlakukan karantina 14 hari bagi tamu yang datang ke negara tersebut. Sementara, PSSI berharap Timnas Indonesia tidak perlu menjalani karantina jika menggelar TC di Negeri Gingseng.

Kepala Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong memimpin latihan perdana di Stadion Madya, Jumat (7/8).Kepala Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong memimpin latihan perdana di Stadion Madya, Jumat (7/8). (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)

"Kalau ingin keluar negeri tidak gampang juga. Kalau mau ke Korea harus ada syarat-syarat tertentu, salah satunya karantina 14 hari. Kami sampai saat ini sedang komunikasi dengan kedutaan (Korea Selatan)."

"Rencana lainnya kami juga akan menjajaki Belanda yang jelas Shin Tae Yong ingin TC keluar negeri yaitu ke Korea atau ke negara Eropa. Hal ini baru tadi malam kita rapatkan," jelas Iwan Bule saat menyaksikan latihan perdana Timnas Indonesia bersama Shin Tae Yong di Stadion Madya, Senayan, Jumat (7/8).

Meski begitu, PSSI belum bisa memastikan waktu Timnas Indonesia bakal melakoni TC ke luar Indonesia. Iwan Bule berharap TC ke luar negeri bisa dilakukan secepatnya.

"Pertimbangan besarnya TC ke Korea. Kalau tidak bisa ya ke negara Eropa, ada Belanda, Prancis dan Jerman. Jadi kita lihat saja bagaimana perkembangannya nanti," ujarnya.

Sementara itu, Shin Tae Yong masih tetap berharap TC luar negeri bisa digelar di Korea Selatan yang juga kampung halamannya. Menurutnya, banyak hal yang bisa didapat ketika Timnas Indonesia berlatih di sana.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Jika TC di Korea, Timnas Indonesia akan menetap di Kota Gyeongju. Shin Tae Yong menyebut kota itu dekat dengan kota-kota yang memiliki klub sepak bola yang bisa dijadikan lawan uji coba Skuad Garuda.

"Kenapa saya mau TC di Korea Selatan karena Korea aman dan tim di sana lebih kuat dibanding tim di sini. Di sana bagus untuk meningkatkan kemampuan pemain."

"Tapi karena harus karantina dua minggu belum tahu. Kami juga pernah bicarakan juga untuk TC di Eropa, karena di Eropa ada negara yang tidak perlu TC dua minggu," pungkas Shin Tae Yong.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/bac)