Shin Tae Yong Ungkap Alasan Panggil Baggott ke Timnas U-19

CNN Indonesia | Jumat, 07/08/2020 23:22 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong membeberkan alasan memanggil Elkan Baggott dalam pemusatan latihan (TC). (Screenshot via web Pssi.org)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong membeberkan alasan memanggil Elkan Baggott dalam pemusatan latihan (TC).

Shin Tae Yong mengaku sudah mengamati para pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Eropa, khususnya di Belanda dan Inggris. Baggott jadi salah satu pemain yang terpilih.

"Memang dari kemarin saya mencari pemain berdarah Indonesia di Eropa, khususnya di Belanda dan Inggris. Setelah melihat Elkan, postur tubuhnya juga tinggi dan bagus. Maka dari itu saya pilih dia," ucap Shin Tae Yong usai memimpin latihan perdana Timnas Indonesia di Stadion Madya, Jumat (7/8).


Pelatih asal Korea Selatan itu pun menegaskan para pemain debut murni pilihan tim pelatih. Ia telah mengamati sepak terjang talenta lokal yang berlaga di Liga 1 2020 sebelum akhirnya terhenti karena Covid-19 pada pertengahan Maret lalu.

"Untuk pemain baru memang dipilih pada bulan Maret ketika liga sudah memainkan empat pertandingan. Setelah lihat pertandingan tersebut saya memilihnya," ucap Shin Tae Yong.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Meski begitu, Shin Tae Yong belum bisa menilai satu per satu kualitas pemain baru yang dipilihnya. Sebab, Timnas Indonesia juga baru sekali menjalani latihan bersama pada Jumat (7/8), setelah dipanggil ke Jakarta pada 23 Juli lalu.

"Saya memang pilih sejak Maret. Tapi sekarang baru latihan pertama, saya tidak bisa mendeskripsikan kemampuan mereka seperti apa saat ini," jelasnya.

Sebelumnya Shin Tae Yong telah mempersiapkan road map program latihan Timnas Indonesia mulai 25 Juli lalu. Namun, latihan molor hingga 7 Agustus.

Kondisi itu membuat program pemusatan latihan sedikit terganggu. Meski begitu, Shin Tae Yong memastikan bakal menyusun program baru untuk menyiasatinya.

"Jujur memang road map yang dibuat sangat terpengaruh dengan keterlambatan ini, tapi kami akan menyusun lagi dengan baik dan pasti tidak ada keterlambatan ke depannya," ujar Shin Tae Yong.

Pemusatan latihan skuad Garuda mundur dari jadwal semula karena harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

(TTF/jun)

[Gambas:Video CNN]