Brad Binder, Rookie Penuh Sensasi di MotoGP Ceko

CNN Indonesia | Minggu, 09/08/2020 20:15 WIB
Brad Binder menciptakan sensasi setelah menjadi juara MotoGP Ceko 2020. Berikut profil pembalap asal Afrika Selatan tersebut. Brad Binder menang MotoGP Ceko 2020. (AP/Petr David Josek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Brad Binder menciptakan sensasi setelah menjadi juara MotoGP Ceko 2020 di Sirkuit Brno, Minggu (9/8). Berikut profil pembalap asal Afrika Selatan tersebut.

Binder hanya butuh tiga balapan untuk merebut kemenangan pertama di MotoGP sebagai pembalap rookie. Binder menang atas Franco Morbidelli di MotoGP Ceko dengan keunggulan 5,266 detik.

Sebagai pembalap, Binder terbilang telat masuk ke kelas MotoGP. Pembalap berjuluk Bradical itu baru masuk MotoGP musim ini di usia 24. Padahal Binder sudah memulai karier Grand Prix dengan tampil di kelas 125cc pada musim 2011.


Prestasi terbaik Binder adalah merebut gelar juara dunia Moto3 pada musim 2016. Musim lalu Binder menjadi runner-up Moto2 2019 setelah kalah dari Alex Marquez.

South African rider Brad Binder competes during the MotoGP at the Czech Republic motorcycle Grand Prix at the Automotodrom Brno, in Brno, Czech Republic, Sunday, Aug. 9, 2020. (AP Photo/Petr David Josek)Brad Binder butuh tiga balapan untuk menjadi juara MotoGP bersama KTM. (AP Photo/Petr David Josek)

Binder memiliki adik, Darryn, yang tampil di Moto3 sejak musim 2015. Binder dan Darryn bersaing di kelas Moto3 pada musim 2015 dan 2016.

Setelah menjadi andalan KTM sejak 2015, Binder akhirnya mendapat kepercayaan tim asal Austria itu di kelas MotoGP musim ini. Butuh tiga balapan bagi Binder untuk membayar kepercayaan KTM.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Start dari posisi tujuh, Binder tampil luar biasa sepanjang balapan MotoGP Ceko. Binder langsung naik ke posisi empat di lap pertama dan akhirnya menang atas Morbidelli.

Menariknya Binder bisa masuk ke MotoGP 2020 berkat Johann Zarco memutuskan pergi dari KTM musim lalu. Zarco hanya mampu finis ketiga di MotoGP Ceko meski meraih pole. Semula Binder diplot masuk tim satelit KTM, Tech3, musim ini.

"Saya tidak bisa berkata-kata, ini impian saya sejak kecil dan saya berhasil mewujudkannya. Terima kasih untuk tim saya, saya tidak tahu apakah saya punya kemampuan untuk menang, tapi mereka memberi yang terbaik. Saya berharap hasil ini sebuah awal bagi saya," ujar Binder usai balapan MotoGP Ceko.

Live streaming MotoGP Austria 2020 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com pada Minggu (16/8). Sementara siaran langsung balapan disiarkan Trans7.

(bac)