Shin Tae Yong Coret 11 Pemain dari TC Timnas Indonesia U-19

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2020 14:02 WIB
Shin Tae Yong memulangkan 11 pemain dari pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Jakarta pada Senin (10/8). Timnas Indonesia U-19 sudah menjalani latihan sejak Jumat (7/8). (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong, memulangkan 11 pemain dari pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Jakarta pada Senin (10/8). Saat ini tersisa 35 pemain yang mengikuti TC di Stadion Madya, Senayan.

Di antara 11 pemain yang dicoret terdapat nama-nama yang memiliki pengalaman pernah memperkuat Timnas Indonesia di level junior seperti Hamsa Lestaluhu dan Sutan Zico.

Selain dua pemain tersebut, Shin Tae Yong tak menyertakan Alif Jaelani, Mahmud Cahyono, Muhamad Darmawan, Figo Sapta, Kartika Vedhayanto, Muhammad Rifaldo Lestaluhu, dan Miftahul Husyen ke sesi TC berikutnya.


"Mereka tidak bisa dikatakan kalah bersaing, namun kami harus mengurangi dan memilih pemain yang akan lanjut ke TC selanjutnya terutama ke luar negeri (Korea Selatan/Eropa)," kata Shin Tae Yong dikutip dari situs resmi PSSI, Selasa (11/8).

Shin Tae Yong memastikan 11 pemain yang dipulangkan tidak ia pilih untuk melanjutkan TC Timnas Indonesia U-19 selanjutnya. Meski begitu, ia tetap mengikuti perkembangan 11 pemain ini maupun pemain lain yang belum dipanggil ikut TC Timnas Indonesia U-19.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

TC perdana Timnas Indonesia U-19 baru dimulai Jumat (7/8) setelah sebelumnya mengalami dua kali penundaan latihan. Artinya, 11 pemain yang dipulangkan baru menjalani latihan di lapangan selama tiga hari.

"Pada pekan ini kami sudah memberikan peningkatan materi dalam latihan. Selain itu, kami juga akan mengasah mental dan terus memberikan nutrisi yang baik kepada pemain," ucap Shin Tae Yong.

Skuat Garuda Muda menjalani TC dan seleksi sebagai persiapan untuk menghadapi Piala Asia U-19 yang akan berlangsung 14 sampai 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Tim Merah Putih berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule berpesan meski tidak terpilih, 11 pemain harus tetap bersemangat dan bekerja keras karena tidak menutup kemungkinan pelatih Shin Tae Yong akan memanggil kembali.

"PSSI akan terus mendukung program latihan dari pelatih Shin Tae Yong untuk timnas Indonesia baik senior maupun U-19. Kami harap kedua tim yang sedang melakukan TC di Jakarta ini terus mengalami perkembangan yang baik demi torehan prestasi timnas," sebutnya.

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menambahkan setelah memulangkan 11 pemain, program latihan akan terus disesuaikan dengan road map yang telah dibuat Shin Tae Yong.

"Sesuai intruksi dari Ketum PSSI (Mochamad Iriawan) saya dengan pelatih Shin Tae-yong terus melakukan koordinasi update perkembangan tim," ucap Indra Sjafri.

Daftar Pemain Dicoret dari Timnas Indonesia U-19:

Hamsa Lestaluhu

Sutan Diego Zico

Kartika Vedhayanto

Muhamad Darmawan

Mahmud Cahyono

Alif Jaelani

Figo Sapta

Muhammad Rifaldo Lestaluhu

Miftahul Husyen

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)