Adu Jurus Colok Mata di Laga UFC 252 Miocic vs Cormier

CNN Indonesia | Minggu, 16/08/2020 13:55 WIB
Jurus colokan mata yang terlarang mewarnai laga UFC 252 antara Stipe Miocic lawan Daniel Cormier. Miocic dan Cormier sama-sama mencolok mata lawan. ( AFP/Joe Scarnici)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jurus colokan mata yang terlarang mewarnai laga UFC 252 antara Stipe Miocic lawan Daniel Cormier. Kedua petarung sama-sama melakukan hal tersebut.

Cormier lebih dulu melancarkan jurus colokan mata di ronde pertama. Saat pukulan Miocic menghantam telak wajah Cormier, di saat bersamaan, jari Cormier mendarat di mata kiri Miocic.

Miocic tidak bisa melanjutkan serangan dan kemudian wasit menghentikan pertandingan untuk sementara. Miocic butuh jeda hingga sekitar 30 detik sebelum akhirnya menyanggupi untuk melanjutkan serangan.


Wasit juga memberikan peringatan pada Cormier atas aksinya tersebut.

ANAHEIM, CALIFORNIA - AUGUST 17: Daniel Cormier throws a punch at Stipe Miocic in the first round during their UFC Heavyweight Title Bout at UFC 241 at Honda Center on August 17, 2019 in Anaheim, California.   Joe Scarnici/Getty Images/AFPAksi colok mata mewarnai laga UFC 252 Miocic vs Cormier. (AFP/Joe Scarnici)

Pada ronde ketiga, giliran jari Miocic yang mencolok mata Cormier. Cormier sempat protes kepada wasit namun wasit terus mengingatkan Cormier untuk kembali fokus pada lawan.

Dalam momen protes itu, Miocic tidak berusaha menyerang Cormier yang tengah lengah karena sedang adu argumen dengan wasit.

Kondisi mata Cormier terlihat agak mengecil akibat colokan itu dan hal tersebut diakui mengganggu pandangan Cormier.

Miocic akhirnya memenangkan pertarungan dengan keputusan menang angka mutlak. Tiga juri memberikan keunggulan 49-46, 49-46, dan 48-47 untuk Miocic di akhir laga.

Sebelum pertandingan dimulai, Miocic mengaku mewaspadai colokan mata Cormier. Dalam dua laga terdahulu, Miocic harus jadi korban colokan mata Cormier, bahkan harus menjalani operasi retina.

Sengaja atau tidak, colokan mata merupakan gerakan terlarang di UFC. Wasit akan menghentikan pertandingan bila melihat pelanggaran tersebut.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Wasit bakal memberikan waktu hingga sang korban benar-benar siap untuk melanjutkan pertarungan. Hal yang sama juga berlaku untuk serangan yang masuk kategori low blow alias serangan yang mendarat di bawah batas area yang diperbolehkan.

Miocic sempat satu kali melakukan pelanggaran ini di awal ronde kedua dan membuat wasit memberikan jeda untuk Cormier.

Kemenangan Miocic ini membuat ia kini unggul dalam trilogi lawan Cormier. Setelah kalah KO di ronde pertama pada pertemuan pertama, Miocic mampu menang TKO di ronde keempat pada duel kedua dan disusul kemenangan angka pada laga ketiga ini.

(nva)

[Gambas:Video CNN]