Kecelakaan MotoGP Austria, Dimas Ekky Bahas Respek Pembalap

x, CNN Indonesia | Selasa, 18/08/2020 18:24 WIB
Pembalap Indonesia yang pernah tampil di Moto2, Dimas Ekky, menyebut kecelakaan di MotoGP Austria lantaran respek antar pembalap yang kurang. Franco Morbidelli (21) dan Johann Zarco (5) terlibat dalam insiden di MotoGP Austria. (AFP/JOE KLAMAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembalap Indonesia yang pernah tampil di Moto2, Dimas Ekky Pratama, menyebut kecelakaan hebat yang terjadi di MotoGP Austria 2020 lantaran respek antar pembalap yang kurang.

Dimas mengatakan karakter Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, bukan tipikal lintasan yang membutuhkan teknik khusus seorang pembalap MotoGP.

"Sebenarnya menurut saya kecelakaan kemarin itu murni kecelakaan balap. Sebab setiap pembalap kalau di tikungan pasti agak nutup di racing line untuk jaga posisi karena takut di overtake lawan."


"Problemnya, di sirkuit Austria itu pembalap harus top speed terus. Kalau slip stream speed bisa kesalip. Jadi kalau tidak bisa braking lebih awal, kemungkinan menabrak lebih mudah. Ini [Franco] Morbidelli yang tahu persis kejadiannya, apa [Johan] Zarco nutupnya agak kasar atau bagaimana," kata Dimas Ekky kepada CNNIndonesia.com, Selasa (18/8).

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Namun, karakter lintasan di MotoGP Austria yang punya kontur lintasan yang naik turun membutuhkan kehati-hatian dari seorang pembalap. Aspek cuaca, termasuk angin pada saat balapan disebut Dimas Ekky juga berpengaruh terhadap situasi pembalap.

"Risiko balapan itu nyawa lebih dipertaruhkan dibanding olahraga lain. Yang ditakutkan dari segi safety, pebalap kain di lintasan juga sama mau fight, tapi kita juga harus respek sama pebalap lain."

"Kalau memang tidak memungkinkan [untuk menyalip] ya jangan dilakukan. Jangan ambil risiko yang bisa membahayakan dan merugikan orang lain. Harus tahu perhitungannya karena taruhannya nyawa. Bukan cuma naik motor terus ngebut," jelasnya.

Pembalap 27 tahun itu mengaku juga pernah mengalami kecelakaan hebat yang membuatnya terpaksa absen di tujuh balapan Moto2 musim lalu. Kecelakaan itu terjadi pada sesi latihan bebas pertama (FP1) di Moto2 Belanda di Sirkuit Assen, Februari 2019.

"Saya gegar otak. Saya tidak bisa menceritakan detail bagaimana, tapi saya ingat itu ditabrak dari belakang. Saya tidak bisa ingat apapun yang terjadi saat kecelakaan itu. Saya kehilangan tujuh balapan dan itu sangat merugikan. Tidak ada trauma karena memang saya suka balap motor," ujar Dimas Ekky.

Banner gif video highlights MotoGP

Pada MotoGP Austria 2020 di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (16/8), terjadi kecelakaan yang menakutkan. Insiden senggolan Zarco dan Morbidelli nyaris berimbas pada Valentino Rossi.

Insiden bemula karena Zarco yang bergerak melebar ke kanan melakukan pengereman mendadak sehingga menutup ruang Morbidelli. Kedua motor terus melaju tak terkendali dan nyaris menimpa Rossi serta Maverick Vinales.

MotoGP Austria akhirnya dimenangi Andrea Dovizioso diikuti Joan Mir dan Jack Miller yang menguntit di posisi kedua dan ketiga. Sementara Rossi mampu finis di urutan kelima.

Para pembalap bakal menjalani balapan di Sirkuit Red Bull Ring untuk kali kedua pada musim ini di MotoGP Styria, Minggu (22/8).

Live streaming MotoGP Styria 2020 bisa disaksikan melalui link berikut ini. Sementara siaran langsung balapan melalui Trans7.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)