Prediksi Kecerdasan Buatan: Messi Lebih Tajam Jika ke PSG

x, CNN Indonesia | Rabu, 02/09/2020 11:15 WIB
Analisis kecerdasan buatan menyatakan Lionel Messi bakal sering membuat gol jika bergabung ke Paris Saint-Germain. Lionel Messi sudah menyatakan keinginan hengkang dari Barcelona. (AP/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia --

Analisis kecerdasan buatan menyatakan Lionel Messi bakal sering membuat gol jika bergabung ke Paris Saint-Germain dan lebih banyak mengirim umpan seandainya bermain untuk Manchester City.

Kabar mengenai keinginan hengkang Messi dari Barcelona sudah beredar di media massa dan media sosial selama lebih dari sepekan. Hingga kini belum ada kepastian mengenai masa depan kapten Argentina tersebut.

Di tengah situasi yang pelik, sebuah perusahaan teknologi di Spanyol mencoba mengaplikasikan kecerdasan buatan untuk memprediksi masa depan pemilik lima gelar Liga Champions itu.


Menurut data yang dikutip dari Mundo Deportivo, disebut Messi bakal lebih tajam jika tampil membela PSG. Dibandingkan bermain di klub-klub lain, yang selama ini disebut-sebut menjadi peminat La Pulga, Messi bakal lebih sering mencetak gol.

Banner gif video highlights MotoGP

Jika berkostum Les Parisiens, Messi diprediksi bakal mencetak 6 gol dari 10 pertandingan atau 0,6 gol per pertandingan. Sementara jika bergabung ke Man City maka Messi akan membuat 60 umpan per pertandingan. Selain itu, catatan yang menonjol jika Messi berkostum The Citizens adalah jumlah dribel per pertandingan yang mencapai angka 7,5. Catatan serupa juga muncul jika Messi merapat ke Manchester United.

Sedangkan jika Messi bermain bersama Inter Milan maka muncul data La Pulga akan memberi 4,1 umpan silang per pertandingan.

Selain memprediksi statistik Messi bersama klub-klub top Eropa, muncul pula perkiraan statistik Messi di kesebelasan-kesebelasan Argentina seperti River Plate, Boca Juniors, dan Newell's Old Boys.

Olocip, perusahaan teknologi di Spanyol yang salah satu pendirinya adalah mantan pemain Real Madrid, Esteban Granero, menghitung prediksi statistik Messi di berbagai klub dengan mempertimbangkan berbagai variabel seperti data pemain lawan, tipe liga, dan daftar pelatih.

(nva/jal)

[Gambas:Video CNN]