Urusan Messi Belum Selesai, Bartomeu Kini Dituduh Korupsi

CNN Indonesia | Jumat, 04/09/2020 11:19 WIB
Presiden Barcelona Josep Bartomeu dituduh korupsi terkait kerja sama dengan konsultan media sosial I3 Ventures. Josep Bartomeu dituduh korupsi di Barcelona. (AFP/LLUIS GENE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masalah di internal Barcelona tak kunjung usai jelang musim baru Liga Spanyol. Kali ini Presiden Barcelona Josep Bartomeu dituduh korupsi.

Kabar itu dimunculkan oleh media Spanyol El Mundo Deportivo seperti dilansir Daily Mail pada Kamis (3/9) waktu setempat. Bartomeu dikaitkan dengan penyelewengan dana terkait kerja sama dengan konsultan media sosial I3 Ventures.

Dalam laporannya, El Mundo melaporkan kepolisian Catalunya telah mengajukan laporan untuk penyelidikan terkait kerja sama dengan I3 Ventures. Hal ini lantaran ada dugaan tindak kejahatan ekonomi dalam kerja sama tersebut.


Dugaannya Barcelona membayar hingga 600 persen di atas tarif normal yang berlaku untuk jasa I3 Ventures. Konsultan ini dipekerjakan untuk memantau medis sosial tim yang bermarkas di Camp Nou.

Barcelona's Gerard Pique, center, reacts after the end of a Spanish La Liga soccer match between Barcelona and Osasuna at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Thursday, July 16, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Masalah yang terjadi di Barcelona tak kunjung selesai. (AP/Joan Monfort)

Kontroversi kerja sama Barcelona dan I3 Ventures kali pertama mencuat pada Februari lalu. Stasiun radio terkemuka di Barcelona Cadena Sar melaporkan I3 Ventures memiliki kaitan dengan akun-akun media sosial yang memuat cerita negatif tentang orang-orang yang berlawanan dengan Bartomeu.

Setelah pemberitaan tersebut, Barcelona langsung mengambil langkah dengan membatalkan kontrak dengan I3 Ventures.

Banner gif video highlights MotoGP

Pada Juli lalu, Barcelona mempublikasikan temuan mengacu investigasi yang dilakukan oleh Price Waterhouse Cooper (PWC). Hasil temuannya yaitu memastikan Barcelona tidak menugaskan I3 Ventures menjalankan kampanye kotor kepada orang-orang yang berlawanan dengan Bartomeu dan pihak klub tidak membayar di atas harga pasar untuk kerja sama dengan perusahaan tersebut.

El Mundo kemudian melaporkan bahwa polisi berpendapat audit yang dilakukan oleh PWC yang ditunjuk Barcelona tidak bisa menjadi kesimpulan terkait tuduhan korupsi tersebut.

Tuduhan korupsi yang mengarah ke Bartomeu ini menambah panjang masalah orang nomor satu di manajemen Blaugrana tersebut. Sebelumnya, Bartomeu juga disebut sebagai salah satu penyebab di balik keputusan Lionel Messi ingin pergi dari Barcelona.

(har)

[Gambas:Video CNN]