7 Fakta Jelang Liverpool vs Leeds United di Liga Inggris

CNN Indonesia | Sabtu, 12/09/2020 17:02 WIB
Liverpool akan memulai kiprah mereka di Liga Inggris melawan tim promosi Leeds United di Stadion Anfield, Sabtu (12/9) malam WIB. Ketangguhan Liverpool akan diuji Leeds United pada pekan pertama Liga Inggris. (AP/Paul Childs)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liverpool akan memulai kiprah mereka di Liga Inggris melawan tim promosi Leeds United di Stadion Anfield, Sabtu (12/9) malam WIB.

Liverpool bisa tampil dengan kekuatan terbaik di laga nanti. Mohamed Salah dkk diperkirakan akan tampil ofensif untuk memastikan tiga poin di pertandingan pertama musim ini.


Berikut tujuh fakta jelang Liverpool vs Leeds seperti dilansir Opta:Sebaliknya Leeds akan berupaya membawa pulang poin dari Stadion Anfield. Racikan taktik Marcelo Bielsa diharapkan ampuh untuk meredam permainan menyerang tuan rumah.


1. Liverpool tidak terkalahkan dalam delapan laga terakhir melawan Leeds di semua kompetisi dengan enam kali menang dan dua imbang. Catatan itu dibukukan Liverpool setelah menelan kekalahan 1-2 dari Leeds di Premier League pada April 2001.

(FILES) In this file photo taken on January 6, 2020 Leeds United's Argentinian head coach Marcelo Bielsa watches from the touchline duirng the English FA Cup third round football match between Arsenal and Leeds United at The Emirates Stadium in London. - For a man nicknamed 'El Loco' (mad man) and with little silverware in his long managerial career, Marcelo Bielsa is an unlikely hero to a younger generation of coaches. However, hordes of Leeds fans will now treat him with similar reverence after he guided one of English football's sleeping giants back to the Premier League after a 16-year wait. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)Pelatih Leeds United Marcelo Bielsa akan berupaya meredam permainan Liverpool. (AFP/ADRIAN DENNIS)

2. Leeds selalu kalah dalam tiga lawan terakhir melawan Liverpool di semua kompetisi. Laga tandang ini juga menjadi yang pertama buat the Whites sejak kalah 0-2 di pentas Piala Liga pada November 2016.

3. Leeds merupakan tim yang paling banyak memainkan pertandingan di pekan pertama tanpa kalah sepanjang sejarah dengan 12 kemenangan, lima imbang, dan tujuh kalah. Sementara Liverpool memenangi enam dari tujuh laga terakhir di pekan pembuka dengan mencetak 15 gol dari empat laga pembuka bersama Jurgen Klopp dengan hasil tiga menang dan satu imbang.

4. Laga Liverpool vs Leeds adalah yang ketujuh mempertemukan juara bertahan Premier League melawan tim promosi di kandang pada pekan pembuka. Dari tujuh laga itu, enam pertandingan terakhir dimenangi oleh tim juara bertahan. Hanya ada dua tim promosi yang menang atas juara bertahan di laga pembuka yakni Notts County saat bersua Aston Villa pada 1981/1982 dan West Bromwich Albion kontra Arsenal pada 1931/1932.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

5. Liverpool hanya kalah sekali di laga pembuka kompetisi kasta tertinggi saat berstatus juara bertahan dengan torehan 12 kemenangan dan lima imbang. Satu-satunya kekalahan itu terjadi dari West Brom pada 1923/1924.

6. Pelatih Leeds, Marcelo Bielsa merupakan pelatih keempat asal Argentina yang menukangi tim di kompetisi kasta tertinggi Inggris setelah Ossie Ardiles, Mauricio Pochettino, dan Mauricio Pellegrino.

7. Duel melawan Leeds akan jadi yang pertama buat Klopp di Premier League. Klopp bersama Liverpool sebelumnya pernah bertemu dengan Leeds dan mengukir kemenangan 2-0 di ajang Piala Liga Inggris pada November 2016.

(jal/nva)

[Gambas:Video CNN]