Bek Fiorentina Harus Tunggu Panggilan ke Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 14/09/2020 19:48 WIB
PSSI menyebut pelatih timnas Shin Tae Young masih fokus pada U-20, sementara Kevin Diks yang disebut bersedia membela Timnas diminta harus bersabar. Pelatih Shin Tae Yong masih fokus pada pencarian pemain di bawah U-19, sementara Kevin Diks sudah berusia 23 tahun. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, disebut masih akan fokus mencari pemain keturunan yang berusia di bawah 19 tahun. Salah satu yang muncul adalah Kevin Diks, bek Fiorentina yang disebut bersedia membela Skuat Garuda.

Anggota Exco PSSI yang membawahi Timnas Indonesia, Endri Erawan mengatakan baru mengetahui sosok Kevin Diks melalui media. Namun, usia pemain keturunan Indonesia-Belanda yang sudah 23 tahun itu membuatnya sulit untuk dilirik Shin Tae Yong dalam waktu dekat. Karena itu, Kevin Diks diminta perlu bersabar lebih dulu.

"Sepertinya fokus Shin Tae Yong saat ini ke U-20. Mungkin nanti setelah TC [pemusatan latihan bersama Timnas U-19] bisa dibicarakan dengan pelatih," kata Endri kepada CNNIndonesia.com, Senin (14/9).


Nama Kevin Diks ramai dibicarakan usai mengungkapkan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia. Diks merupakan pemain kelahiran Apeldoorn, Belanda, 6 Oktober 1996.

Pemilik nama lengkap Kevin Diks Bakarbessy ini merupakan pemain Belanda berdarah Maluku, Indonesia. Saat ini pemain berposisi sebagai bek itu tercatat sebagai pemain Fiorentina sejak 2016.

Banner gif video highlights MotoGP

Tapi dalam sebuah interview di Youtube, Diks bercerita jika setahun terakhir dia bermain bersama klub asal Denmark, Aarahus. Ia dipinjamkan Fiorentina setelah mengalami cedera cukup parah di lutut yang membuatnya harus beristirahat selama 1,5 tahun untuk pemulihan.

Sebelum ke Italia untuk bergabung dengan Fiorentina, Diks pernah membela klub Belanda, Vitesse selama dua musim pada 2014/2015. Ia juga tercatat pernah tampil bersama Timnas Belanda U-19 pada 2014/2015, U-20 2015 dan U-21 pada 2016 lalu.

Sementara disinggung soal penambahan pemain keturunan yang bakal memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021 mendatang, Endri belum bisa memastikan.

Meskipun Shin Tae Yong beberapa waktu lalu menyebut masih memantau beberapa pemain keturunan Indonesia yang berada di Eropa untuk bergabung bersama Skuat Garuda Muda.

Dua nama pemain keturunan sudah dipanggil sejauh ini. Mereka adalah Elkan Baggott, bek Ipswich Town dan Jack Brown, gelandang Lincoln City U-18.

"Memang sedang dalam pencarian [pemain keturunan Indonesia di Eropa]. Tapi saya tidak bisa kasih tahu siapa. Kalau sudah pasti nanti akan diumumkan," ucap Shin Tae Yong di Stadion Madya, Jumat (28/8).

(ttf/osc)

[Gambas:Video CNN]