Khabib Nurmagomedov, Juara Dunia UFC yang Taat Agama

CNN Indonesia | Minggu, 20/09/2020 19:23 WIB
Pada hari ini, 20 September, petarung asal Rusia yang juga juara kelas ringan UFC Khabib Nurmagomedov berulang tahun ke-32. Khabib Nurmagomedov, petarung sukses juga Muslim yang taat. (AFP/Steven Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Khabib Nurmagomedov menjadi salah satu petarung tersukses di UFC sampai dengan saat ini. Rekor bertarungnya, 28 kali menang tanpa terkalahkan.

Jiwa bertarung The Eagle, julukan Khabib, muncul sejak usia dini. Beberapa tahun lalu video Khabib kecil berlatih dengan beruang mendadak viral.

Maklum, Khabib lahir dan besar di Dagestan, sebuah wilayah di Rusia yang melahirkan banyak pegulat tangguh. Mendiang ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, merupakan pelatih gulat gaya bebas. Tepat pada hari ini, Khabib Nurmagomedov berusia 32. 


Kerja keras khabib menjadi seorang petarung membuahkan hasil. Pada usia 23, Khabib hijrah ke Amerika Serikat dan menjadi petarung UFC.

Pada 7 April 2018, Khabib mengalahkan Al Iaquinta dengan kemenangan angka yang membuatnya juara dunia kelas ringan UFC.

LAS VEGAS, NV - OCTOBER 06: Khabib Nurmagomedov of Russia holds down Conor McGregor of Ireland in their UFC lightweight championship bout during the UFC 229 event inside T-Mobile Arena on October 6, 2018 in Las Vegas, Nevada.   Harry How/Getty Images/AFPPamor Khabib Nurmagomedov meningkat usai mengalahkan Conor McGregor. (Harry How/Getty Images/AFP)

Pertarungan melawan Conor McGregor pada Oktober 2018 membuat nama Khabib makin melambung. Khabib sukses mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC melawan McGregor.

Meski demikian, pamor The Eagle menanjak usai pertarungan dengan The Notorious tersebut. Pasalnya, McGregor kerap melontarkan ejekan kepada Khabib.

Puncaknya, Khabib membuat keributan usai pertarungan itu setelah diejek rekan McGregor, Dillon Danis dari luar octagon.

[Gambas:Video CNN]

Setelah keributan tersebut Khabib dan McGregor sama-sama dihukum panjang. Ia kembali ke Octagon hampir setahun kemudian, 7 September 2019, dengan melawan Dustin Poirier. Untuk kedua kalinya, Khabib mempertahankan sabuk juara.

Sabuk Khabib sempat dipertaruhkan di 2020 ketika UFC mengagendakan pertarungan melawan Tony Ferguson.

Akan tetapi, duel yang terjadi di bulan puasa itu pada UFC 209, Mei lalu, ditolak Khabib. Petarung asal Rusia itu mundur dengan alasan berlangsung di bulan Ramadan dan kondisi dunia sedang tidak kondusif karena pandemi virus corona.

GIF Banner Promo Testimoni

Selain sebagai petarung yang tangguh, Khabib juga terkenal sebagai Muslim yang taat. Khabib menjadikan pertarungan UFC sebagai jalan dakwah.

Dalam ejaan Rusia, Nurmagomedov berarti Nur Muhammad dalam bahasa Arab. Arti ke dalam bahasa Indonesia adalah Cahaya Nabi Muhammad.

Karena itu, tidak mengherankan jika dalam keteranannya saat ini, Khabib kerap mengunggah nilai-nilai Islami dan ibadah melalui akun sosial media miliknya.

Kini, Khabib tengah menunggu pertarungan berikutnya dalam upaya mempertahankan sabuk juara kelas ringan melawan Justin Gaethje dalam UFC 254 pada 24 Oktober mendatang.

Selamat ulang tahun, Khabib!

(sry/har)