Dovizioso: Calon Juara Dunia, Calon Pengangguran

x, CNN Indonesia | Selasa, 22/09/2020 10:26 WIB
Andrea Dovizioso merupakan favorit juara dunia MotoGP 2020 namun ia juga jadi calon pengangguran tahun depan. Masa depan Andrea Dovizioso belum jelas. (AFP/JOE KLAMAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Andrea Dovizioso menuliskan kata 'unemployed' alias pengangguran di kostum balap miliknya. Situasi Dovizioso di MotoGP 2020 memang terbilang unik.

Dovizioso adalah salah satu favorit juara dunia MotoGP 2020. Pembalap Italia tersebut saat ini memimpin klasemen dengan nilai 84 poin, unggul satu angka atas Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Dengan tidak adanya Marc Marquez yang cedera panjang, Dovizioso memang punya peluang bagus untuk merebut gelar juara dunia MotoGP. Pengalaman sebagai runner up dalam tiga musim terakhir plus jam terbang yang lebih tinggi dibanding Quartararo dan Vinales membuat Dovizioso layak jadi favorit.


Pembalap berusia 34 tahun itu jadi satu dari dua pembalap yang selalu meraih poin di balapan MotoGP 2020. Hal tersebut membuktikan bahwa Dovizioso selalu bisa mencari celah dalam situasi sulit.

Valentino Rossi, Francesco 'Pecco' Bagnaia, Andrea Dovizioso, Luca Marini, Miguel Oliveira, Fabio Quartararo menjalani konferensi pers jelang MotoGP San Marino 2020 di Sirkuit Misano, Kamis (10/9).Andrea Dovizioso saat ini memimpin klasemen dengan selisih satu poin atas Quartararo dan Vinales. (Dorna Sports)

MotoGP 2020 kemudian makin jadi tahun yang berliku bagi Dovizioso lantaran ia dan Ducati sudah sepakat untuk pisah jalan. MotoGP 2020 bakal jadi musim terakhir Dovizioso menunggangi Ducati.

Dovizioso tampil menggunakan kostum balap dengan tulisan 'unemployed' di bagian belakang. Meski Dovizioso mengatakan bahwa tulisan itu adalah akibat ia kalah bertaruh dengan temannya, namun situasi Dovizioso untuk musim depan memang tergolong masih misteri.

Lantaran komposisi tim MotoGP 2020 sudah penuh, dikutip dari GPOne, Dovizioso disebut kemungkinan besar bakal jadi pembalap tes untuk Suzuki atau Yamaha.

Posisi pembalap tes bisa jadi jeda Dovizioso selama satu tahun sebelum akhirnya ia kembali balapan pada MotoGP 2022.

Yamaha disebut jadi calon terkuat untuk merekrut jasa Dovizioso sebagai pembalap tes. Yamaha diyakini tengah kecewa dengan Jorge Lorenzo.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Bila Dovizioso memutuskan jadi pembalap tes Yamaha, ia punya kemungkinan mengisi kursi pembalap di Petronas Yamaha pada MotoGP 2022 setelah Rossi pensiun.

Ada peluang pula Dovizioso bakal mengakhiri kariernya di MotoGP lantaran saat ini ia sudah berusia 34 tahun.

Namun Dovizioso sejauh ini masih belum memutuskan langkah yang diambil. Ia hanya fokus pada tugas menyelesaikan musim ini bersama Ducati dengan hasil terbaik.

Balapan MotoGP 2020 berikutnya adalah MotoGP Catalunya, Minggu (27/9). Balapan MotoGP Catalunya bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(ptr/sry)

[Gambas:Video CNN]