MOTOGP CATALUNYA

Eks Dokter MotoGP Patahkan Klaim Rossi Soal Marquez

CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 19:37 WIB
Jelang MotoGP Catalunya, mantan dokter MotoGP Claudio Costa membantah prediksi Valentino Rossi soal kesembuhan Marc Marquez. Marc Marquez bisa kembali membalap jika benar-benar pulih. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang MotoGP Catalunya 2020 di Sirkuit Barcelona, Minggu (27/9), mantan dokter MotoGP Claudio Costa membantah prediksi Valentino Rossi soal kesembuhan Marc Marquez usai cedera panjang.

Menurut dokter Costa yang juga pendiri Mobile Clinic, fasilitas medis di MotoGP, Marquez tidak akan lagi memiliki masalah setelah humerus kanannya menyatu.

Sebelumnya, Rossi menilai cedera yang dialami Marquez bisa menimbulkan bekas fisik dan menyisakan masalah mental. Hal itu bisa membuat Marquez lebih lama memiliki performa seperti sebelum-sebelumnya.


"Saat humerus terkonsolidasi dan berfungsi sempurna, Anda tidak akan lagi memiliki masalah. Setelah tulang sembuh, Anda akan menjadi pembalap yang lebih kuat dari sebelumnya. Anda tidak akan membutuhkan tutor pada hari Anda kembali [balapan]," kata Costa dikutip dari AS.

Tidak hanya itu, Costa juga sangat yakin Marquez tidak membutuhkan adaptasi yang lama untuk bisa kembali ke performa apik usai patah lengan kanan.

[Gambas:Video CNN]

"Kesulitan selalu memperkuat Marquez, seperti yang juga terjadi pada tahun 2012 ketika dia menjalani operasi mata setelah jatuh," ucap Costa.

"Dari kesulitan, Marquez menjadi lebih kuat dari sebelumnya, dan saya katakan ini dari pengalaman langsung," tutur Costa menambahkan.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Dokter asal Italia yang pada tahun 1977 mendirikan Mobile Clinic menilai untuk patah humerus seperti yang dialami Marquez membutuhkan waktu pemulihan mencapai 3 bulan.

"Setelah tulang sembuh, Anda tidak akan membutuhkan apa pun lagi. Tentunya, dia akan melakukan rehabilitasi untuk menjaga otot-ototnya, yang merupakan salah satu kualitas hebatnya," kata Costa.

Balapan MotoGP Catalunya berlangsung pada Minggu (27/9). Balapan MotoGP Catalunya bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(sry/ptr)