Cerita Moyes Batal Dampingi West Ham karena Positif Corona

CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 14:28 WIB
Pelatih West Ham United David Moyes dan dua pemainnya dinyatakan positif virus corona jelang laga Piala Liga Inggris melawan Hull City. David Moyes positif virus corona. (AP/Adam Davy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih West Ham United David Moyes dan dua pemainnya dinyatakan positif virus corona jelang pertandingan Piala Liga Inggris melawan Hull City di Stadion London yang berakhir 5-3, Rabu (23/9) dini hari waktu Indonesia.

Moyes dan skuadnya tiba di Stadion London seperti pada pertandingan lain. Bahkan dua pemain West Ham yang kemudian dinyatakan terinveksi covid-19, Issa Diop dan Josh Cullen masuk ke dalam susunan pemain melawan Hull.

Akan tetapi, dikutip dari Sky Sports, pada pukul 18.20, dokter tim West Ham memberi kabar terdapat tiga orang di tim The Hammers yang positif corona, pelatih dan dua pemain.


"West Ham mengonfirmasi David Moyes, Issa Diop, dan Josh Cullen harus dipulangkan karena positif covid-19," demikian pernyataan West Ham.

Setelah kabar konfirmasi itu muncul, David Moyes, Diop, dan Josh langsung diminta meninggalkan stadion serta kembali ke rumah masing-masing.

West Ham pun menunjuk Alan Irvine menggantikan Moyes memimpin pertandingan. Tuan rumah juga menawarkan tes medis kepada Hull, namun ditolak.

"Kami melakukan kontak selama berada di area yang sama dengan David. Kami berada di stadion sekitar dua jam sebelum pertandingan dimulai," ujar Irvine.

West Ham's Andriy Yarmolenko, second right, celebrates with West Ham's Sebastien Haller after scoring his side's third goal from the penalty spot during the English League Cup soccer match between West Ham and Hull City at the London Stadium in London, Tuesday, Sept. 22, 2020. (Will Oliver/Pool via AP)West Ham menang telak atas Hull di Piala Liga. (AP/Will Oliver)

"Kami terkejut dengan berita itu. Kami menjalani begitu banyak tes dan tidak ada hasil positif. Tapi kami sangat mematuhi protokol sejak awal, tim medis sangat menyadari apa yang terjadi, dan kami mengikuti semua protokol, dan sekarang kami akan mengikuti protokol," ucap Irvine menambahkan.

Hull sendiri sempat menanyakan masalah ini kepada pihak Liga Sepak Bola Inggris, tentang apakah pertandingan harus dilanjutkan atau tidak.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Hanya saja, karena The Tigers merasa cukup nyaman dengan panduan yang dijalankan West Ham, pertandingan babak ketiga Piala Liga itu dilanjutkan. Terlebih lagi bukti menunjukkan risiko penularan selama pertandingan di luar ruangan sangat rendah.

Beruntung bagi West Ham. Di tengah kondisi yang tidak ideal akibat kabar positif virus corona pelatih dan dua pemainnya, mereka bisa mengalahkan Hull 5-1.

Sebastien Haller dan Andriy Yarmolenko masing-masing mencetak dua gol. Sedangkan satu gol lain lahir dari Robert Snodgrass. Sementara itu, Hull hanya bisa membalas lewat gol Mallik Wilks.

Menurut protokol, Moyes, Diop, dan Cullen harus menjalani masa isolasi selama 10 hari. Dengan begitu, ketiganya akan absen pada pertandingan melawan Wolverhampton Wanderers pada akhir pekan nanti dan juga babak keempat Piala Liga.

(sry/ptr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK