Ujian Pertahanan Timnas Indonesia U-19 Tanpa Baggott

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 17:45 WIB
Pertahanan Timnas Indonesia U-19 mendapatkan ujian berat di Kroasia selama tidak diperkuat Elkan Baggott. Elkan Baggott baru akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 di Turki. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-19 sudah melakoni lima laga uji coba di Kroasia. Dalam lima laga uji coba itu, Timnas Indonesia U-19 tanpa Elkan Baggott di jantung pertahanan.

Baggott masih bermain dengan Ipswich di Professional Development League, liga yang dikelola oleh Premier League. Pemain berpostur 194 cm itu diperkirakan baru akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 saat menggelar pemusatan latihan (TC) di Turki.

Selama Bagott absen, pertahanan Timnas Indonesia U-19 mendapatkan ujian berat di Kroasia. Total 15 gol sudah bersarang ke gawang Muhammad Adi Satryo dari lima pertandingan.


Gawang Timnas Indonesia U-19 kebobolan 10 gol di dua laga awal usai takluk 0-3 dari Bulgaria dan 1-7 dari Kroasia. Di tiga laga berikutnya, gawang anak asuh Shin Tae Yong kemasukan lima gol saat menahan imbang Qatar 3-3, menang 2-1 atas Qatar, dan diimbangi Qatar 1-1 pada pertemuan kedua.

Rizky Ridho menguasai bola di tengah kepungan pemain-pemain Arab Saudi U-19.Rizky Ridho tampil paling konsisten di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-19. (dok. PSSI)

Catatan kebobolan yang mencolok itu juga memunculkan problem lain di jantung pertahanan. Dari sederet pemain yang dimainkan, hanya Rizky Ridho yang tampil lumayan bagus meski ia sempat bikin salah karena melanggar pemain Qatar di kotak penalti yang berujung gol penyama kedudukan 1-1 pada laga uji coba kedua.

Rizky sendiri pernah diduetkan dengan Komang Tri, Ahmad Rusadi, hingga Komang Teguh dari lima laga uji coba di Kroasia. Namun, ketiga pemain ini terlihat belum berada di level terbaik.

Ketiga pemain ini pun dikejar waktu untuk memberikan kesan positif pada Shin Tae Yong. Kesempatan itu harus diambil saat Garuda Nusantara melakoni dua laga uji coba tersisa melawan Bosnia dan Herzegovina pada 25 September dan Dinamo Zagreb pada 28 September.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Jika tak juga mampu tampil bagus maka Komang Tri, Komang Teguh, dan Rusadi harus siap tempat mereka digusur Baggott.

Kemampuan Baggott memang belum teruji karena baru sebatas mengikuti TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Namun, Baggott memiliki nilai plus karena datang dari liga yang lebih kompetitif dan negara yang memiliki level sepak bola lebih baik ketimbang Indonesia.

Selain itu, dari segi postur Baggott termasuk sosok yang disukai Shin Tae Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu memang mengedepankan postur pemain sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih pemain.

Ketangguhan Baggott bakal diuji saat Timnas Indonesia U-19 di Turki. Jika bisa tampil bagus, maka Baggott berpeluang besar mengawal jantung pertahanan bersama Rizky di tim yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

(jal/ptr)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA