MotoGP Catalunya dan Kontroversi Lorenzo 'Bantu' Marquez

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 18:06 WIB
MotoGP Catalunya musim lalu menyimpan kenangan buruk bagi Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Andrea Dovizioso setelah dijatuhkan Jorge Lorenzo. MotoGP Catalunya 2019 menciptakan kontroversi. (PAU BARRENA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

MotoGP Catalunya musim lalu menyimpan kenangan buruk bagi Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Andrea Dovizioso setelah dijatuhkan Jorge Lorenzo di lap kedua.

Kontroversi terjadi di MotoGP Catalunya musim lalu. Lorenzo yang masih memperkuat Repsol Honda membuat tiga pembalap: Rossi, Vinales, dan Dovizioso gagal finis.

Lorenzo terjatuh di tikungan sepuluh saat MotoGP Catalunya 2019 berjalan lap kedua. Sepeda motor Lorenzo kemudian menabrak Dovizioso dan Vinales hingga kedua pembalap itu ikut terjatuh.


Rossi berusaha menghindari Lorenzo yang tergeletak di atas trek, namun kemudian juga ikut terjatuh setelah melindas sepeda motor milik X-Fuera.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Lorenzo, Dovizioso, Vinales, dan Rossi gagal finis MotoGP Catalunya musim lalu. Marquez yang memenangi balapan kemudian menjauh di puncak klasemen sementara dengan keunggulan 37 poin atas Dovizioso.

Dovizioso dan Vinales mengungkapkan kekesalan terhadap Lorenzo usai MotoGP Catalunya. Bahkan Vinales meminta Lorenzo dihukum, namun race direction tidak menghukum juara dunia MotoGP tiga kali tersebut.

[Gambas:Video CNN]

"Lorenzo juga menyingkirkan Dovizioso yang bertarung dalam perburuan gelar juara. Dia menghancurkan balapan saya, Valentino, dan peluang juara Dovizioso karena tentu sangat berat menghapuskan selisih 25 poin," ucap Vinales ketika itu.

Dengan Marquez absen di MotoGP Catalunya, Yamaha layak difavoritkan meraih kemenangan di Sirkuit Barcelona musim ini.

Live streaming MotoGP Catalunya, 27 September, bisa disaksikan di CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan bisa disaksikan melalui Trans7.

(har/jal)