Wenger Ingin Ubah Aturan Sepak Bola

CNN Indonesia | Kamis, 08/10/2020 18:50 WIB
Mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger ingin melakukan beberapa perubahan dalam aturan permainan sepak bola mulai dari offside hingga lemparan ke dalam. Arsene Wenger ingin mengubah aturan di sepak bola. (AFP PHOTO / OLLY GREENWOOD)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, ingin melakukan beberapa perubahan dalam aturan permainan sepak bola. Di antaranya aturan mengenai lemparan ke dalam hingga offside.

Wenger saat ini menempati posisi sebagai Head of Development FIFA. Di posisinya saat ini, The Professor, julukan Wenger, melihat ada beberapa aspek dari aturan sepak bola yang bisa diubah.

Salah satu yang menarik perhatian adalah ide Wenger untuk mengubah lemparan ke dalam menjadi tendangan ke dalam. Menurut Wenger, lemparan ke dalam tidak memberikan keuntungan buat sebuah tim.


"Saya ingin mengubah aturan lemparan ke dalam: lima menit sebelum akhir [pertandingan], lemparan ke dalam untuk Anda seharusnya menjadi keuntungan, tetapi dalam situasi ini Anda menghadapi 10 pemain, sementara [tim] Anda hanya memiliki sembilan [pemain]," kata Wenger kepada L'Equipe seperti dilansir dari Daily Mail.

"Statistik menunjukkan dalam delapan dari 10 situasi lemparan ke dalam itu, Anda kehilangan bola. Di separuh lapangan Anda, Anda seharusnya memiliki kemungkinan untuk melakukan tendangan," ia melanjutkan.

Wenger juga mengungkapkan keinginanya untuk mengubah aturan offside. Mengacu Laws of the Game FIFA, setiap pemain dinyatakan offside apabila menerima umpan dari rekan setim dengan posisi mendahului pemain paling belakang atau pemain tersebut berada lebih dekat dengan garis gawang lawan setelah kiper.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Untuk saat ini, Anda dinyatakan offside jika bagian tubuh Anda yang bisa mencetak gol berada di depan bagian tubuh pemain belakang," ucapnya.

"Saya ingin tidak ada offside selama satu bagian tubuh yang bisa berguna untuk mencetak gol sejalan dengan bek lawan. Ini bisa menjadi keuntungan yang terlalu besar bagi penyerang."

Terakhir, Wenger ingin mengubah aturan sepak pojok dan tendangan bebas. Dari kacamata Wenger, sepak pojok yang melewati batas garis permainan dan masuk kembali ke lapangan bisa dinyatakan valid.

"Ini akan menciptakan kesempatan mencetak gol. Juga ada opsi tendangan bebas cepat dengan diri Anda sendiri."

(jal/nva)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK