5 Fakta Menarik Usai Timnas U-19 Gebuk Makedonia

CNN Indonesia | Senin, 12/10/2020 05:56 WIB
Berbagai fakta mewarnai kemenangan 4-1 Timnas Indonesia U-19 atas Makedonia Utara dalam laga uji coba, Minggu (11/10). Timnas Indonesia U-19 mulai akrab dengan kemenangan. (Dok.PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai fakta mewarnai kemenangan 4-1 Timnas Indonesia U-19 atas Makedonia Utara dalam laga uji coba, Minggu (11/10).

Makedonia merupakan lawan kedelapan yang dihadapi anak asuh Shin Tae Yong dalam rangkaian uji tanding di Kroasia sejak September 2020.

Rizky Ridho Ramadhani dan kawan-kawan bermain cukup lugas ketika menghadapi Makedonia. Sempat membukukan keunggulan melalui Witan Sulaeman dan kemudian diimbangi lawan, Skuad Garuda Muda mampu merespons dengan baik melalui dua gol yang dicetak Jack Brown, serta sebuah gol Irfan Jauhari.


Berikut fakta usai Timnas Indonesia U-19 menggebuk Makedonia Utara:

1. Tim Merah Putih untuk kali pertama berhasil mengalahkan timnas asal Eropa dalam laga uji tanding di Kroasia.

Sebelumnya Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Qatar, serta dua klub Kroasia, Dinamo zagreb dan NK Dugopolje. Sementara laga-laga terdahulu melawan timnas dari Eropa selalu berakhir dengan kekalahan, baik ketika bertemu Bulgaria, Kroasia, dan Bosnia Herzegovina.

2. Seluruh pemain yang dipanggil Shin Tae Yong dalam pemusatan latihan di Kroasia sudah bermain. Pemain terakhir yang dimainkan pelatih asal Korea Selatan itu adalah Elkan Baggott.

Bek tengah Ipswich Town tersebut baru bergabung dalam pelatnas dan tidak mengikuti latihan bersama rekan-rekannya sejak pelatnas dimulai pada September.

Banner gif video highlights MotoGP

3. Jack Brown merupakan pemain terakhir yang mencatatkan nama di papan skor. Dari 15 gol yang dilesakkan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia terdapat delapan pencetak gol.

Brown pula pemain pertama Timnas Indonesia U-19 yang mencetak lebih dari satu gol dalam satu pertandingan.

4. Gol penalti Makedonia Utara merupakan gol kelima dari titik 12 pas yang bersarang di gawang Timnas Indonesia U-19. Sebelumnya Timnas Indonesia U-19 kebobolan dari titik putih pada laga melawan Kroasia, Arab Saudi (dua kali), dan Qatar.

5. Dibobol Makedonia, Timnas Indonesia U-19 gagal mempertahankan catatan clean sheet yang sudah dibukukan dalam dua laga sebelumnya ketika menghadapi Dinamo Zagreb dan NK Dugopolje.

(nva/nva)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK