Deretan Kontroversi di Everton vs Liverpool

CNN Indonesia | Sabtu, 17/10/2020 22:21 WIB
Sejumlah kontroversi mewarnai jalannya pertandingan Everton vs Liverpool yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Goodison Park, Sabtu (17/10). Sadio Mane dianggap offside. (AP/Cath Ivill)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah kontroversi mewarnai jalannya pertandingan Everton vs Liverpool yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Goodison Park dalam pekan kelima Liga Inggris, Sabtu (17/10).

Kotroversi pertama terjadi ketika kiper Jordan Pickford menjegal bek Virgil van Dijk yang mencoba menambah keunggulan The Reds di menit kelima.

Kejadian itu bermula dari umpan lambung Fabinho kepada Van Dijk. Akan tetapi, saat hendak mengontrol bola, mantan bek Southampton itu langsung disergap Pickford dengan kedua kakinya.


Dalam tayangan ulang, kaki kanan Van Dijk tampak terjepit dengan kedua kaki Pickford. Akan tetapi peristiwa itu tidak dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit Michael Oliver. Sebaliknya, Van Dijk dianggap offside.

Meski demikian, wasit Oliver menggunakan VAR guna mengecek insiden itu sebagai pelanggaran dan potensi penalti untuk Liverpool.

[Gambas:Video CNN]


Setelah dicek, Oliver menilai duel Van Dijk dengan Pickford itu bukan sebuah pelanggaran dan tidak ada penalti. Dengan begitu, Pickford terbebas dari hukuman kartu merah.

Sementara, Liverpool mengalami kerugian karena bek andalan mereka, Van Dijk harus ditarik keluar lapangan karena cedera.

Perdebatan lain yang terjadi dalam Derbi Merseyside itu adalah ketika gol Liverpool yang dicetak Jordan Henderson di menit ke-90+2 dianulir wasit Oliver.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Setelah Mane menerima umpan terobosan, striker asal Senegal itu melepaskan umpan tarik kepada Henderson yang berdiri dekat gawang Everton. Henderson menyontek bola dengan kaki kiri dan tidak bisa dijangkau Pickford.

Tetapi, wasit kemudian menggunakan VAR guna memastikan gol tersebut. Hasil pengecekan menyebut Mane lebih dahulu dalam posisi offside sebelum memberikan umpan kepada Henderson.

Di pertandingan itu tim tamu Liverpool unggul lebih dahulu lewat Mane di menit ketiga. Namun bek Michael Kane menyamakan kedudukan di menit ke-19.

Pada babak kedua Mohamed Salah kembali membawa tim asuhan Jurgen Klopp itu unggul 2-1 di menit ke-72. Hanya saja, striker Dominic Calvert-Lewin membatalkan kemenangan Liverpool lewat golnya di menit ke-81.

(sry/sry)