Hasil Liga Inggris: MU Hajar Newcastle 4-1

CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2020 04:06 WIB
Manchester United menang telak 4-1 atas Newcastle United di Stadion St. James' Park, Minggu (18/10) dini hari waktu Indonesia. Harry Maguire menyamakan kedudukan untuk MU. (AP/Stu Forster)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manchester United menang telak 4-1 atas Newcastle United di pekan kelima Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Minggu (18/10) dini hari waktu Indonesia.

MU tertinggal lebih dahulu di awal-awal pertandingan setelah Luke Shaw mencetak gol bunuh diri. Shaw mencoba memblok tEmi Krafth, namun bola justru berubah arah dan masuk ke gawang David de Gea di menit kedua.

Bruno Fernandes sempat menyamakan kedudukan di menit ke-20. Tetapi gol itu dianulir lantaran Juan Mata yang memberikan umpan kepada Fernandes lebih dahulu dalam posisi offside.


Kapten Harry Maguire membawa MU menyamakan kedudukan di menit ke-23. Umpan sepak pojok Juan Mata dimanfaatkan Maguire dengan sundulan ke sisi kiri kiper yang tidak bisa dijangkau Karl Darlow.

Winger Newcastle Allan Saint-Maximin memberikan alarm untuk lini pertahanan MU. Di menit ke-31 Saint-Maximin melepaskan tendangan, namun bisa ditepis De Gea.

MU membalas serangan Newcastle lewat Aaron Wan-Bissaka di menit ke-36. Hanya saja, tendangan Wan-Bissaka dari jarak jauh bisa ditepis kiper Darlow. Satu menit kemudian giliran tendangan Marcus Rashford yang bisa disapu bersih pemain lawan.

Beberapa menit sebelum babak pertama usai, Rashford kembali melepaskan percobaan tendangan yang masih bisa ditepis kiper. MU terus mengurung pertahanan Newcastle. Di menit injury time giliran tendangan Daniel James yang masih lemah dan bisa ditangkap Darlow.

Di awal babak kedua Newcastle hampir menambah skor. Tetapi sontekan Callum Wilson di menit ke-51 bisa ditepis De Gea.

Tim tamu bisa saja unggul di menit ke-55 setelah VAR memutuskan MU mendapatkan penalti usai Rashford dilanggar Jamal Lewis. Akan tetapi, tendangan penalti dari Bruno Fernandes di menit ke-58 bisa ditepis Darlow.

Pada menit ke-59 giliran sundulan Maguire yang dimentahkan Shelvey. Serangan beruntun dilepaskan MU, satu menit usai peluang Maguire giliran tendangan Wan-Bissaka yang ditangkap kiper. 

Shelvey tanpa penjagaan di depan kotak penalti MU di menit ke-68. Dengan leluasa Shelvey melepaskan tendangan, namun De Gea dengan sigap menepisnya.

Bruno Fernandes sukses menebus kesalahan gagal penalti dengan gol di menit ke-86. Lewat serangan balik Rashford menekan Newcastle dari sisi kiri.

Saat di kotak penalti Rashford memberikan umpan kepada Fernandes dengan tumit. Dari sudut sempit Fernandes melepaskan tendangan melengkung yang mengubah skor menjadi 2-1 untuk MU.

Menjelang pertandingan berakhir, MU terus meningkatkan, sebaliknya pertahanan Newcastle mulai longgar. Pada menit ke-90 Wan-Bissaka membawa MU unggul 3-1 setelah menerima umpan Rashford.

Rashford mencetak gol penutup untuk Setan Merah di menit ke-90+6 setelah menerima assist Bruno Fernandes. MU menang 4-1 atas Newcastle United.

(sry/sry)