ANALISIS

Liverpool Sedang Tak Disayang Dewi Fortuna

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2020 08:20 WIB
Bukan hanya kegagalan menang yang diratapi Liverpool dalam laga lawan Everton, melainkan juga badai cedera yang datang. Liverpool harus puas dengan skor imbang 2-2. (AP/Cath Ivill)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak yang bisa dikutuk dan diratapi oleh Liverpool usai laga lawan Everton di Goodison Park. Bukan hanya soal hasil akhir, melainkan juga soal masa depan tim di awal musim Liga Inggris.

The Reds sukses membuktikan bahwa mereka bisa keluar dari tekanan berat usai kalah 2-7 dari Aston Villa di pekan sebelumnya. Liverpool bisa menguasai permainan dan lebih banyak menghadirkan peluang.

Terbukti, Liverpool selalu bisa unggul lebih dulu, baik lewat Sadio Mane yang membuat skor menjadi 1-0 maupun Mohamed Salah yang mengubah kedudukan menjadi 2-1.


Memang, Liverpool gagal mempertahankan keunggulan. Dua sundulan kepala lewat Michael Keane dan Dominic Calvert-Lewin menunjukkan bahwa ketidakhadiran Virgil van Dijk dan Alisson Becker di lapangan membuat Liverpool lemah dalam antisipasi umpan silang.

Pertandingan berakhir dengan skor 2-2. Liverpool sukses menghentikan rekor kemenangan beruntun Everton di awal musim. Namun jelas bahwa hasil ini tidaklah memuaskan bagi The Reds.

Liverpool's Virgil van Dijk, centre, is tackled and injured by Everton's goalkeeper Jordan Pickford, left, causing him to leave the match injured during the English Premier League soccer match between Everton and Liverpool at Goodison Park stadium, in Liverpool, England, Saturday, Oct. 17, 2020. (Laurence Griffiths/Pool via AP)Virgil van Dijk cedera usai diterjang Jordan Pickford. (AP/Laurence Griffiths)

Kesialan-kesialan Liverpool

Dari segi hasil, Liverpool jelas patut jadi pihak yang kecewa. Mereka sejatinya sukses mencetak gol kemenangan di masa injury time lewat tembakan Jordan Henderson.

Henderson sudah berteriak, pemain-pemain Liverpool lainnya pun telah bersorak. Namun wasit kemudian melihat tayangan lewat VAR dan memutuskan gol tersebut tidak sah.

Sadio Mane yang memberi assist pada Henderson dinyatakan berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Thiago Alcantara. Keputusan ini sulit untuk diterima Liverpool yang menganggap posisi Mane bersih dari offside.

Liverpool's Mohamed Salah, 11, celebrates scoring his side's second goal as Everton's Allan, 6, reacts during the English Premier League soccer match between Everton and Liverpool at Goodison Park stadium, in Liverpool, England, Saturday, Oct. 17, 2020. (Cath Ivill/Pool via AP)Liverpool bakal mendapatkan tantangan berat lantaran sejumlah cedera yang dialami. (AP/Cath Ivill)

Gol Henderson yang dianulir itu hanya salah satu kesialan yang dialami oleh The Reds di laga tersebut. Kesialan yang lebih besar dari sekadar kehilangan angka adalah cedera yang dialami Virgil van Dijk dan Thiago.

Van Dijk hanya bermain selama 11 menit di laga ini karena mengalami cedera dan harus ditarik keluar untuk digantikan Joe Gomez. Van Dijk cedera setelah diterjang oleh Jordan Pickford dalam duel perebutan bola.

Tragis bagi Liverpool, insiden ini tidak berbuah pelanggaran dan kartu untuk Pickford. VAR kembali jadi sebab. Van Dijk berada dalam posisi offside sehingga pelanggaran saat perebutan bola antara Pickford dan Van Dijk dianggap tidak ada lantaran permainan sudah berhenti.

Kehilangan Van Dijk tentu bukan kabar bagus bagi Liverpool di tengah kecemasan mereka menanti Alisson kembali.

Tanpa Van Dijk dan Alisson, lini belakang Liverpool jelas berada dalam ancaman tingkat tinggi. Dua gol yang dicetak Everton membuktikan bahwa lini belakang mereka rapuh dan mudah ditembus.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Andai lini tengah Liverpool tidak mendominasi permainan, bukan mustahil gawang Adrian kebobolan lebih banyak di laga tersebut seiring derasnya ancaman dari Everton.

Kehilangan Thiago tentu jadi kerugian besar. Meski Liverpool masih punya banyak pelapis untuk lini tengah, Thiago terbukti mampu menghadirkan warna baru di lini tengah Liverpool.

Kini, Jurgen Klopp hanya bisa berdoa agar cedera yang dialami oleh Thiago dan Van Dijk tidak serius.

Dari posisi di klasemen, Liverpool tidak masuk kategori terpuruk karena mereka hanya tertinggal tiga poin dari pemuncak klasemen, Everton.

Namun bila melihat risiko badai cedera yang menerpa Liverpool, mereka layak berburuk sangka bahwa saat ini mereka sedang tidak ada di dalam hati Dewi Fortuna.

(ptr)

[Gambas:Video CNN]