Joan Mir, Pemuncak Klasemen yang Tak Pernah Menang MotoGP

CNN Indonesia | Senin, 19/10/2020 01:50 WIB
Pembalap Suzuki Joan Mir ke puncak klasemen sementara MotoGP 2020 usai meraih podium ketiga di MotoGP Aragon, Minggu (18/10). Joan Mir tak pernah menang balapan MotoGP. (AFP/JOE KLAMAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembalap Suzuki Joan Mir memiliki cerita unik terkait posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara pembalap MotoGP 2020 usai balapan di MotoGP Aragon di Sirkuit Aragon, Minggu (18/10).

Joan Mir ke puncak klasemen pembalap musim ini setelah meraih podium ketiga di MotoGP Aragon. Dengan tambahan 16 poin pada seri ke-10 di MotoGP musim ini, Mir kini mengoleksi 121 poin, unggul 6 poin atas Fabio Quartararo.

Meski demikian, Joan Mir memiliki cerita unik terkait salah satu pencapaian terbaiknya itu dalam karier di balap motor.


Pembalap 23 tahun tersebut ke puncak klasemen MotoGP tanpa pernah memenangi balapan di level tertinggi.

Joan Mir terakhir kali menang balapan pada Moto3 Malaysia 2017 silam. Sejak itu, pembalap kelahiran Palma, Spanyol tersebut tidak pernah di podium pertama, baik di Moto2 pada 2018 maupun di MotoGP sejak 2019.

Pencapaian terbaik Joan Mir usai menang Moto3 Malaysia 2017 tersebut adalah podium kedua di MotoGP Emilia Romagna dan Catalunya 2020.

[Gambas:Video CNN]

Prestasi Joan Mir kali ini tidak terlepas dari keberuntungan. Ia ke puncak klasemen setelah beberapa pesaingnya, seperti Fabio Quartararo, Maverick Vinales, hingga Andrea Dovizioso gagal maksimal.

Quartararo yang impresif dengan menang di dua seri awal dan disebut sebagai calon juara musim ini justru kedodoran di seri MotoGP Ceko hingga MotoGP San Marino dengan gagal naik podium.

Bahkan, Quartararo sempat gagal finis di MotoGP Styria dan juga mengalami penurunan performa di MotoGP Prancis serta MotoGP Aragon 2020 usai meraih pole position.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Tidak jauh berbeda, Vinales juga menurun usai podium kedua di dua seri awal. Pembalap Yamaha itu gagal podium di empat seri berikutnya, termasuk gagal finis do MotoGP Styria.

Sementara itu, setelah gagal finis di MotoGP Spanyol dan Ceko, Mir memiliki penampilan yang terbilang konsisten. Usai MotoGP Ceko 2020, Mir meraih lima podium dari 7 balapan berikutnya.

Capaian itu yang membuat mantan pembalap Marc VDS di Moto2 tersebut meraih puncak klasemen sementara pembalap usai MotoGP Aragon 2020.

Puncak klasemen Joan Mir itu menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Suzuki. Pasalnya, Mir menjadi pembalap Suzuki pertama yang menempati puncak klasemen setelah Kenny Roberts pada 2020.

Live streaming MotoGP Teruel 2020, Minggu (25/10), bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Siaran langsung balapan akan disiarkan Trans7.

(sry)