UFC 254: KHABIB VS GAETHJE

Profil Khabib: Raja UFC yang Ingin Mundur Tanpa Noda

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 09:13 WIB
Khabib Nurmagomedov butuh waktu lama untuk bisa menjadi raja di UFC. Kini Khabib ingin pensiun dengan status tak terkalahkan. Khabib ingin pensiun dengan status tak terkalahkan. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)
Jakarta, CNN Indonesia --

Khabib Nurmagomedov butuh waktu lama untuk bisa mencapai singgasana tertinggi di UFC. Kini Khabib ingin pensiun dengan status tak terkalahkan.

Khabib butuh waktu lama untuk bisa menggenggam sabuk UFC. Sejak memulai debut di UFC pada 2012, empat tahun usai terjun di dunia MMA, Khabib baru bisa jadi juara kelas ringan UFC pada 2018 ketika ia menang angka atas Al Iaquinta.


Setelah menjadi juara UFC, Khabib ternyata tidak berpikir untuk lama-lama menikmatinya. Usai dua pertarungan mempertahankan gelar juara melawan Conor McGregor dan Dustin Poirier, Khabib mulai membicarakan rencana pensiun.

Khabib menilai durasi waktunya di UFC hanya tinggal 1-2 pertarungan. Karena itu, yang perlu dilakukan ia saat ini adalah memastikan pensiun dengan tetap mempertahankan status tak terkalahkan.

"Sejujurnya saya tidak tahu. 30-0 akan terlihat bagus. 30-0 akan jadi rekor hebat, ini seperti Mayweather di MMA. Kita lihat saja nanti, saya hampir meraihnya," ujar Khabib kepada Yahoo Sports dikutip dari BJ Penn.

"Tidak ada yang tahu? Oke, saya menghabiskan Justin Gaethje, saya mengalahkan satu petarung lagi, saya dominasi dia. Saya pikir nama saya akan selalu ada dalam buku sejarah," sambung Khabib.

Fans hold a picture of UFC lightweight champion Khabib Nurmagomedov of Russia during a meeting upon the arrival at the Anzhi-arena stadium in Makhachkala on October 8, 2018.He defeated Conor McGregor of Ireland in their UFC lightweight championship bout by way of submission during the UFC 229 event inside T-Mobile Arena on October 6, 2018 in Las Vegas, Nevada / AFP PHOTO / Vasily MAXIMOVKhabib kini meraih popularitas tinggi di UFC. (AFP PHOTO / Vasily MAXIMOV)

Meski ingin mempertahakan status tak terkalahkan, bukan berarti Khabib memilih bermain aman. Khabib terus meladeni penantang nomor satu di kelas ringan. Saat ini status tersebut jadi milik Justin Gaethje.

Duel Khabib vs Gaethje bakal berlangsung di UFC 254, Minggu (25/10), jadi salah satu tantangan berat dalam perjalanan karier Khabib.

Gaethje adalah sosok petarung dengan pukulan keras dan mematikan lewat rekor 19 KO/TKO dari 22 kemenangan yang ia dapatkan. Tak sampai di situ, Gaethje juga punya bekal ilmu gulat sehingga ia punya peluang menandingi Khabib dalam ground fighting.

Belum selesai ancaman dari Gaethje, Khabib juga terus menyimpan asa melawan Georges St-Pierre. GSP adalah sosok besar dalam dunia MMA dan sudah jadi legenda.

JACKSONVILLE, FLORIDA - MAY 09: Justin Gaethje of the United States celebrates after defeating Tony Ferguson of the United States in their Interim lightweight title fight during UFC 249 at VyStar Veterans Memorial Arena on May 09, 2020 in Jacksonville, Florida.   Douglas P. DeFelice/Getty Images/AFPJustin Gaethje jadi tantangan terbaru untuk Khabib Nurmagomedov. (AFP/Douglas P. DeFelice)

GSP telah menyambut tantangan Khabib dan duel ini punya kemungkinan terlaksana tahun depan meski ada sejumlah hal yang mengganjal. Selain GSP, masih ada sejumlah masalah lain yang menunggu untuk dituntaskan seperti tawaran rematch lawan Conor McGregor atau duel terkutuk lawan Tony Ferguson.

Khabib jelas sudah jadi bagian dari legenda MMA dengan keberhasilan menunjukkan dominasi dalam pertarungan lewat ground fighting andalannya.

Namun bila Khabib bisa pensiun dengan status tak terkalahkan, namanya bakal makin harum dan dikenang untuk waktu lebih lama.

Dengan demikian, Khabib bakal berhenti jadi raja karena ia turun dengan sukarela dan berstatus tanpa noda. Bukan raja yang diturunkan dengan paksa karena kalah dari lawan bertarungnya.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK