El Clasico, Taman Bermain Terbaik Messi

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 18:32 WIB
Duel El Clasico Barcelona vs Real Madrid seperti taman bermain yang mengasyikan buat kapten Blaugrana Lionel Messi. Lionel Messi selalu tampil hebat di El Clasico Barcelona vs Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)
Jakarta, CNN Indonesia --

Barcelona akan menghadapi Real Madrid dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (24/10). Duel El Clasico ini seperti taman bermain yang mengasyikkan buat Lionel Messi.

Kapten Barcelona itu kerap tampil hebat dalam duel dua musuh bebuyutan ini. Hal itu sudah dilakukan Messi dalam kurun waktu 15 tahun terakhir.

Messi debut di El Clasico tahun 2005 saat berusia 18 tahun. Ia memberikan satu assist untuk gol Samuel Eto'o dalam laga yang berakhir 3-0 di Santiago Bernabeu.


Setelah itu, Messi selalu jadi momok buat Madrid. Hal itu terus dilakukan sampai dengan sekarang atau 15 tahun setelah laga debutnya.

Messi merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak di El Clasico. Total ia mencetak 26 gol dalam duel Barcelona vs Madrid.

Sebanyak 18 gol dicetak Messi ke gawang Madrid di Liga Spanyol. Enam gol di ajang Piala Super Spanyol dan dua gol di Liga Champions.

Torehan gol Messi itu jauh lebih banyak ketimbang sang rival dalam berburu gelar individu, Cristiano Ronaldo. CR7 baru mencetak 18 gol di El Clasico atau sejajar dengan legenda Madrid lainnya, Alfredo Di Stefano.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Soal jumlah gol ini, Messi unggul jauh dari satu-satunya pemain yang masih berseragam Madrid yakni Karim Benzema. Striker asal Prancis itu baru mencetak sembilan gol.

Bukan hanya gol, Messi juga mengemas 14 assist di El Clasico. Gol dan assist bintang berusia 32 itu berkontribusi untuk 19 kemenangan, 11 imbang, dan 13 kekalahan dari Madrid.

Catatan apik Messi itu bakal jadi ancaman serius buat Madrid. Terlebih, tim ibu kota Spanyol itu tengah terpuruk usai menelan dua kekalahan beruntun dari Cadiz dan Shakhtar Donetsk.

Los Merengues juga bermasalah di lini belakang. Skuad asuhan Zinedine Zidane tidak memakai tenaga Dani Carvajal dan Alvaro Odriozola karena cedera, sementara Sergio Ramos dikabarkan bisa tampil meski sempat cedera saat kalah dari Cadiz.

(jal/jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK