Sin Tae Yong Harap Jokowi Izinkan Liga 1 Bergulir Kembali

CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 17:27 WIB
Shin Tae Yong berharap Presiden Jokowi mengizinkan kompetisi sepak bola Indonesia bergulir kembali demi kemajuan Timnas Indonesia U-19. Shin Tae Yong berharap Presiden Jokowi memberi dukungan kepada sepak bola, agar kompetisi bisa berjalan kembali. (dok. PSSI).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Timnas Indonesia U-19Shin Tae Yong berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali digulirkan.

Harapan itu diungkapkan Shin Tae Yong menyusul rencana kepulangan Timnas U-19 dari Kroasia ke Indonesia pada Rabu (28/10). Setibanya di Tanah Air, rencananya pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 2020.

Namun, karena pihak kepolisian belum memberikan izin keramaian untuk melanjutkan Liga 1 dan Liga 2, kompetisi kembali ditunda. Tidak ada kompetisi ditambah ketidakjelasan waktu bergulirnya kembali kompetisi diyakini Shin Tae Yong mengganggu program Timnas U-19 dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021 mendatang.


"Sebab itu, saya berharap dukungan presiden terhadap sepak bola. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus," kata Shin Tae Yong kepada CNNIndonesia.com.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, ujung dari sebuah kompetisi adalah tim nasional. Di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan yang berbeda dengan training camp dan uji coba.

Melalui kompetisi, kata Shin Tae Yong, pemain bisa mengasah kemampuan yang didapatkannya selama pemusatan latihan.

Karenanya dia membutuhkan kompetisi berjalan kembali untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Tak cuma itu, dia juga bisa memantau jika ada pemain yang berpotensi dipanggil untuk memperkuat timnas U-19.

"Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan," jelas Shin Tae-yong dikutip situs resmi PSSI.

Laga uji coba Timnas Indonesia U-19 vs Makedonia Utara di Stadion NK Junak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020). Timnas Indonesia menang 4-1 atas Macedonia Utara. pssi.orgTimnas Indonesia U-19 membutuhkan kompetisi agar bisa mengasah kemampuan mereka dalam menuju Piala Dunia U-20. (pssi.org).

Lebih lanjut Shin Tae Yong menyatakan akan sangat sulit menentukan program ke depan jika kompetisi tidak berjalan. Namun dia sudah punya solusinya.

"Kalau liga tidak berjalan juga kami akan kesulitan menentukan program apa yang tepat untuk para pemain nantinya," katanya.

"Kalau liga tidak bergulir pada 1 November mendatang, kami akan melakukan virtual training seperti sebelumnya," tambah dia.

Timnas U-19 akan mengakhiri TC di Kroasia pada Senin (26/10) mendatang. Selanjutnya pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing. Termasuk pemain yang berkompetisi di luar negeri seperti Elkan Baggott (Ipswich Town), Witan Sulaeman (RK Radnic Surulica), Kelana Noah Mahesa, dan Luah Fynn Jeremy.

Sedangkan Jack Brown yang sebelumnya merupakan bagian dari Lincoln City U-18 belum diketahui nasib kelanjutannya. Mengingat usianya yang akan 19 tahun pada 2 November dan Lincoln tidak memiliki tim U-19, Jack Brown akhirnya memilih untuk pulang ke Indonesia dan fokus memantapkan latihan bersama Timnas Indonesia U-19.

(TTF/jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK