UFC 254: KHABIB VS GAETHJE

GSP Tak Mau Paksa Khabib Batalkan Pensiun dari UFC

x, CNN Indonesia | Minggu, 25/10/2020 10:36 WIB
Georges St. Pierre (GSP) menegaskan ia tak mau memaksa Khabib Nurmagomedov mencabut keputusan pensiun dari UFC. GSP memahami keputusan Khabib untuk pensiun. (Mike Stobe/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Legenda UFCGeorges St-Pierre (GSP) tak mau memaksa Khabib Nurmagomedov untuk mencabut keputusan pensiun karena ia menghormati alasan Khabib.

GSP adalah salah satu lawan yang membuat Khabib penasaran di UFC. GSP sudah pensiun setelah terakhir kali tampil di 2017 namun membuka peluang untuk kembali bila berjumpa Khabib di octagon.

Khabib bahkan mengeluarkan pernyataan untuk meminta GSP menunda pensiun dan menghadapi dirinya saat GSP memutuskan pensiun secara resmi di 2019.


Kini setelah giliran Khabib yang memutuskan pensiun, GSP menegaskan ia tak mau memaksa Khabib untuk menarik keputusan pensiun atau sekadar tampil satu kali lagi menghadapi dirinya.

UFC lightweight champion Khabib Nurmagomedov of Russia raises his champions belt upon the arrival in Makhachkala on October 8, 2018.Nurmagomedov defeated Conor McGregor of Ireland in their UFC lightweight championship bout by way of submission during the UFC 229 event inside T-Mobile Arena on October 6, 2018 in Las Vegas, Nevada. / AFP PHOTO / Vasily MAXIMOVKhabib memilih pensiun usai menang atas Gaethje di UFC 254. (AFP PHOTO / Vasily MAXIMOV)

"Dalam situasi normal, tentu saya bakal melakukannya [meminta Khabib menunda pensiun] namun lantaran situasi yang ada, saya tidak akan pernah berani melakukan hal itu."

"Maksud saya adalah, saya tidak berada di posisi dirinya yang baru saja melalui hal sulit karena sang ayah baru saja meninggal. Dia butuh waktu untuk berduka," tutur GSP dalam wawancara dengan ESPN.

Menurut GSP, duka cita yang dialami Khabib jauh di atas nilai-nilai olahraga dan rivalitas para petarung. Dengan latar belakang itu, GSP menilai membicarakan duel lawan Khabib di saat seperti ini tidaklah tepat.

"Saya menghormati Khabib. Kami di sini melakukan olahraga dan hal yang dialami Khabib melebihi itu, ini tentang kemanusiaan. Saya hanya bisa mendoakan dia dan Khabib yang terbaik. Sebagai penggemar Khabib, saya senang dia bisa mengakhiri kariernya dengan seperti itu."

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Sebagai kompetitor, tentu saya ingin bisa mencapai kesepakatan dengan Khabib untuk bertarung. Namun sebagai manusia, saya senang sekali melihat karier luar biasa Khabib, cara mengakhirinya. Ia meninggalkan warisan untuk olahraga ini," kata GSP.

(ptr/ptr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK