UFC 254: KHABIB VS GAETHJE

4 Calon Juara Baru UFC Usai Khabib Pensiun

X, CNN Indonesia | Minggu, 25/10/2020 09:14 WIB
Berikut empat petarung yang bisa jadi juara baru kelas ringan UFC setelah Khabib Nurmagomedov pensiun usai menang di UFC 254 Setelah Khabib pensiun, McGregor bisa kembali jadi juara dunia kelas ringan UFC. (AP Photo/John Locher)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keputusan Khabib Nurmagomedov untuk pensiun usai menang atas Justin Gaethje di UFC 254 membuat gelar miliknya bakal lowong. Berikut calon pemilik sabuk juara dunia kelas ringan tersebut.

Khabib memutuskan pensiun dengan rekor 29-0 dan dengan demikian ia juga harus meletakkan sabuk kelas ringan yang digenggam olehnya sejak 2018. Banyak petarung yang bakal diuntungkan oleh keputusan ini.

Berikut beberapa petarung yang bisa jadi juara dunia kelas ringan UFC:


1. Justin Gaethje

Gaethje termasuk yang diuntungkan karena Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun setelah mengalahkan dirinya. Dengan menilik Khabib yang tak pernah melakukan rematch, peluang Gaethje untuk bisa jadi juara dunia kelas ringan lebih terbuka usai Khabib pensiun.

JACKSONVILLE, FLORIDA - MAY 09: Justin Gaethje of the United States celebrates after defeating Tony Ferguson of the United States in their Interim lightweight title fight during UFC 249 at VyStar Veterans Memorial Arena on May 09, 2020 in Jacksonville, Florida.   Douglas P. DeFelice/Getty Images/AFPSetelah Khabib pensiun, Gaethje punya peluang untuk jadi juara dunia UFC dalam waktu dekat. (AFP/Douglas P. DeFelice)

Dengan status sebagai penantang nomor satu, Gaethje mungkin akan langsung kembali dihadapkan pada duel perebutan gelar yang lowong di laga berikutnya. Bila ia harus melalui pertarungan lain terlebih dulu, Gaethje pun sepertinya hanya butuh satu pertarungan lain untuk kembali ke duel perebutan gelar juara.

2. Tony Ferguson

Tony Ferguson yang baru saja kalah dari Justin Gaethje di bulan Mei juga tak boleh dilepaskan dari kandidat juara baru. Dengan Khabib pensiun, ia juga punya peluang karena sebelumnya Khabib menyatakan tak mau lagi menghadapi Ferguson yang sudah kalah dari Gaethje.

Ferguson bakal menghadapi laga lain, disebut-sebut duel dengan Michael Chandler. Bila menang, Ferguson bisa berharap untuk kembali masuk bursa penantang gelar juara dunia.

JACKSONVILLE, FLORIDA - MAY 09: Tony Ferguson of the United States looks on against Justin Gaethje of the United States after their Interim lightweight title fight during UFC 249 at VyStar Veterans Memorial Arena on May 09, 2020 in Jacksonville, Florida.   Douglas P. DeFelice/Getty Images/AFPTony Ferguson merupakan salah satu bintang di kelas ringan UFC. (AFP/Douglas P. DeFelice)

3. Conor McGregor

Conor McGregor bisa kembali jadi bintang utama kelas ringan UFC sepeninggal Khabib pensiun. Saat ini ia direncanakan berduel lawan Dustin Poirier di bulan Januari. Pemenang duel tersebut bisa jadi penantang untuk perebutan gelar yang lowong.

Syarat utama tentu saja duel McGregor vs Poirier harus berlangsung di batas berat kelas ringan, bukan malah bertarung di kelas welter.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

4. Dustin Poirier

Dustin Poirier yang menyerah di tangan Khabib pada 2019 juga mendapat keuntungan dengan keputusan Khabib undur diri. Bila ia menang melawan Conor McGregor, Poirier punya peluang untuk tampil dalam perburuan gelar juara kelas ringan UFC.

Poirier pernah kalah di ronde pertama dari McGregor. Karena itu duel di Januari 2021 bakal berarti ganda untuk Poirier.

(ptr/ptr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK