Petarung Rusia: Khabib Terburu-buru Pensiun dari UFC

CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 09:39 WIB
Petarung mixed martial arts Rusia, Alexander Emelianenko, menyebut Khabib Nurmagomedov terburu-buru dalam memutuskan pensiun dari UFC. Khabib Nurmagomedov dianggap terburu-buru memutuskan pensiun dari UFC. (Michael Reaves/Getty Images /AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Petarung mixed martial arts Rusia, Alexander Emelianenko, menyebut Khabib Nurmagomedov terburu-buru dalam memutuskan pensiun dari UFC.

Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun dari UFC dan MMA usai mencatatkan rekor 29 kemenangan beruntun tanpa terkalahkan setelah menang atas Justin Gaethje di UFC 254 di Fight Island, Abu Dhabi, Minggu (25/10) dini hari WIB.

Dalam pertarungan perebutan sabuk juara kelas ringan UFC itu Khabib mengalahkan Gaethje lewat submission di ronde kedua. Khabib pun mundur dari UFC dengan status juara bertahan.


Akan tetapi, dalam pandangan Emelianenko, keputusan Khabib itu terlalu dini. Hanya saja, melihat alasan Khabib mundur karena faktor ibunya, Emelianenko tidak bisa memperdebatkannya.

"Jika saya dalam posisinya, saya tidak akan terburu-buru, memikirkannya dengan baik, berbicara di runag dengan ibu saya. Setidaknya bertahan hingga 30 pertarungan, sekali lagi mempertahankan gelar," ujar Emelianenko dikutip dari Championat.

[Gambas:Video CNN]

"Bagi saya, sepertinya dia terlalu dini mengumumkan pensiun. Mungkin dia tidak akan pensiun dan bertarung lagi. Itu diputuskan saat situasi sedang panas," ucap Emelianenko menambahkan.

Petarung 39 tahun itu menilai Khabib masih bisa mempertahankan gelar juara kelas ringan UFC dalam beberapa pertandingan lagi.

Banner gif video highlights MotoGP

"Khabib tidak memiliki pesaing di kelasnya. Dia masih muda. Khabib masih bisa berkali-kali mempertahankan gelar," kata Emelianenko.

Banyak petarung pensiun dan kembali lagi. Bahkan, Fedor mengumumkan dia tidak akan tampil lagi, tapi akhirnya dia masih bertarung setelah itu," tutur Emelianenko melanjutkan.

Meski demikian, Emelianenko termasuk salah satu petarung yang menolak The Eagle sebagai yang terhebat di UFC. Sebelumnya, Jon Jones juga tidak mengakui Khabib sebagai yang terhebat di UFC.

"Dia tidak bisa disebut sebagai petarung terhebat di UFC. Ada juga yang memegang sabuk di beberapa kategori, dan ada yang mempertahankan gelar di kelas berat. [Namun] Khabib adalah petarung yang baik," ujar Emelianenko.

(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK