Mengenal Sosok Ibu Khabib yang Misterius

CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 13:36 WIB
Sosok ibu Khabib Nurmagomedov terkesan misterius karena sejauh ini The Eagle dikenal dekat dengan ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov. Khabib Nurmagomedov lebih mencintai ibu dibanding ayahnya. (Harry How/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun dari UFC dan MMA karena permintaan ibunya. Khabib tidak ingin membuat sang ibu khawatir setelah kematian ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov.

Keputusan mundur dari UFC dan MMA diambil Khabib usai mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254 yang digelar di Fight Island, Abu Dhabi, Minggu (25/10) dini hari waktu Indonesia.

Usai pertarungan besar itu Khabib menuturkan alasannya meletakkan sarung tangan di kanvas octagon. Menurut Khabib, ia mundur karena sang ibu.


"Saat UFC menelpon saya bersama Justin [Gaethje], saya berbicara dengan ibu selama tiga hari," ujar Khabib seusai pertandingan.

"Saya berjanji padanya ini akan jadi pertarungan terakhir saya. Saya harus menepati janji saya. Ini pertarungan terakhir," ia melanjutkan.

Meski demikian, tidak banyak yang mengetahui soal sosok ibu Khabib. Sejauh ini yang lebih sering muncul di media adalah mendiang ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov.

Ketika ibu menjadi alasannya pensiun, sosok ibu Khabib tersebut langsung menjadi misterius. Karena, hampir tidak ada media Rusia yang mengungkap soal sosok ibu Khabib.

Dikutip dari Gol.ru, ibu Khabib bernama Patimat Nurmagomedova. Nama tersebut sama dengan istri Khabib, Patimat, yang kemudian mendapat nama belakang keluarga The Eagle usai menikah. Meski demikian, Essentially Sports menulis ibu Khabib bernama Fatima.

[Gambas:Video CNN]

Khabib merupakan anak kedua dari Patimat dan Abdulmanap Nurmagomedov yang menikah pada 1984. Selain memiliki kakak laki-laki, Magomed Nurmagomedov, Khabib juga punya adik perempuan, Amina Nurmagomedov.

Dalam laporan tersebut, Patimat sangat ingin Khabib mendalami pendidikan. Khabib sudah bersekolah sejak usia 5.

"Saya adalah menteri pertanian keluarga. Saya dan ibu memiliki kegiatan di peternakan, kebun sayur, dan di rumah itu sendiri," ujar Khabib.

Ketika Khabib berusia 10-12 tahun, Abdulmanap menyadari anak keduanya itu memiliki bakat menjadi seorang atlet. Namun hal itu ditentang Patimat.

"Tinggalkan saja anak saya, dia perlu belajar, mengenyam pendidikan," ucap Patimat menentang Khabib menjadi pegulat.

Persoalan Khabib harus mengutamakan pendidikan juga diungkapkan gurunya di sekolah, Pariza Elendulaeva, yang disampaikan kepada Patimat. Menurut Pariza, Khabib kerap mengeluh terbebani dengan kegiatan menjadi atlet.

"Ibu sangat perhatian dan sopan kepada saya," ucap Khabib.

Patimat tidak saja perhatian terhadap Khabib, tetapi ia juga termasuk ibu yang dermawan kepada orang lain. Bersama Abdulmanap, Patimat kerap memberikan makan anak yatim piatu.

Profesi Khabib menjadi atlet MMA tidak disukai Patimat. Dikutip dari TASS, Patimat tidak pernah menyaksikan pertarungan Khabib.

Banner gif video highlights MotoGP

"Dia [ibunya] tidak pernah menonton pertarungan Khabib. Ketika pertarungan dimulai di televisi, dia pergi. Saya melihat Khabib bertarung," ucap Abdulmanap dikutip dari TASS.

"Dia pergi ke halaman dan ketika ada keheningan selama istirahat, dia khawatir, dan ketika semua orang berteriak, dia yakin Khabib unggul," kata Abdulmanap menambahkan.

Patimat merupakan salah satu keluarga Khabib yang selalu khawatir ketika The Eagle bertarung. Contoh lain adalah keributan yang terjadi dengan Conor McGregor usai UFC 229 pada Oktober 2018.

Setelah keributan itu Khabib mengirim pesan suara kepada Patimat, karena tidak ingin ibunya terlalu khawatir.

"Bu, saya baik-baik saja, Tolong jangan khawatir. Semuanya baik-baik saja. Kami memiliki sabuk juara. Semua orang yang ditahan dibebaskan. Saya akan segera pulang, bu," tutur Khabib.

Walaupun Abdulmanap lebih banyak dibahas di media-media, namun Khabib mengatakan lebih dekat dengan sang ibu.

"Kami terus-menerus berbicara tentang ayah, ayah, pelatih, ayah, pelatih. Tentu saja, ayah adalah orang yang selalu saya ikuti. Dia selalu dekat dan membantu dalam segala hal," tutur Khabib dikutip dari Sportsmanor.

"Tapi saya berbicara dalam bahasa Rusia dan saya rasa saya perlu memberi tahu ibu. Saya akan memberitahu ibu, aku mencintai ibu lebih dari ayah," kata Khabib melanjutkan.

Kemenangan atas Gleison Tibau di UFC 148 atau laga UFC keduanya adalah bukti kecintaan Khabib terhadap ibunya. Karena kemenangan itu didedikasikan kepada Patimat.

(sry/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK