Khabib, Anak Mama yang Tak Ingin Menyesal 2 Kali

CNN Indonesia | Sabtu, 31/10/2020 10:28 WIB
Khabib Nurmagomedov berjanji kepada sang ibu untuk pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje. Sebuah janji yang ditepati petarung 'anak mama'. Khabib Nurmagomedov memenuhi keinginan sang ibu. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)
Jakarta, CNN Indonesia --

Khabib Nurmagomedov berjanji kepada sang ibu untuk pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254, Minggu (25/10) dini hari WIB. Sebuah janji yang ditepati petarung 'anak mama'.

Khabib mengaku harus menyakinkan sang ibu untuk memberinya izin tampil di UFC 254 melawan Gaethje. Pasalnya sang ibu meminta Khabib untuk tidak bertarung lagi sejak Abulmanap meninggal.

Dikutip dari RT, Khabib sempat menyesal tidak pernah mendengar kata-kata sang ibu, Patimat Nurmagomedova. Khabib mengaku tidak pernah mendengar kata-kata Patimat karena sang ibu tidak pernah menghukumnya.


"Dulu saya tidak selalu mendengarkan mama, karena dia tidak memberi hukuman seperti menjewer telinga. Dulu saya lebih mendengarkan ayah, karena saya tahu bersama dia saya bisa mendapat hukuman," ujar Khabib.

Mixed martial arts (MMA) fighter Khabib Nurmagomedov and and his father Abdulmanap Nurmagomedov give a press conference in Moscow on November 26, 2018. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)Khabib Nurmagomedov lebih sering terlihat bersama sang ayah, Abdulmanap. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

"Jadi saya tidak selalu mendengarkan mama, tapi sekarang saya menyesalinya. Sekarang saya lebih mendengarkan ibu," ucap Khabib.

Khabib tidak mau menyesal dua kali. Kali ini The Eagle memilih mendengarkan kata-kata Patimat. Khabib memenuhi permintaan sang ibu untuk tidak bertarung di UFC tanpa kehadiran sang ayah, Abdulmanap, yang meninggal pada 3 Juli 2020.

Banner gif video highlights MotoGP

Khabib memilih untuk pensiun dari ajang mixed martial arts (MMA) setelah mengalahkan Gaethje di UFC 254. Khabib tidak ingin membantah perintah Patimat.

Berbeda dengan Abdulmanap, sosok Patimat tidak banyak diketahui. Wajah Patimat tidak pernah muncul di media atau pun beredar di media sosial.

Khabib mengatakan sang ibu merupakan salah satu sosok penting dalam perjalanan kariernya di MMA. Tanpa pengorbanan dan doa Patimat, Khabib mengaku tidak akan bisa sukses.

[Gambas:Video CNN]

"Saat ini kehidupan dia lebih baik. Situasinya lebih sulit di masa lalu untuk dia. Setiap orang punya mama yang baik, mama adalah hal paling berharga dalam hidup kita. Mama selalu yang pertama," ucap Khabib.

"Dulu sangat sulit kondisinya untuk mama saya. Dulu kami tidak punya mesin cuci, tidak ada air hangat, dia harus mencuci menggunakan tangan. Sementara kami latihan pagi dan sore setiap harinya," ujar Khabib.

(har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK