Syarat Joan Mir Juara Dunia di MotoGP Valencia

ptr, CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 07:53 WIB
Joan Mir punya kesempatan jadi juara dunia MotoGP 2020 di MotoGP Valencia, Minggu (15/11). Berikut cara Joan Mir bisa jadi juara dunia. Joan Mir punya peluang besar untuk memastikan gelar juara dunia di MotoGP Valencia. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Joan Mir punya kesempatan jadi juara dunia MotoGP 2020 di MotoGP Valencia, Minggu (15/11). Berikut cara Joan Mir bisa jadi juara dunia di seri tersebut.

Joan Mir kini duduk di posisi puncak klasemen dengan nilai 162 poin. Ia unggul 37 angka dari Fabio Quartararo dan Alex Rins yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Secara matematika, masih ada enam pembalap termasuk Joan Mir yang bisa jadi juara dunia MotoGP 2020. Joan Mir bakal jadi juara dunia bila mampu mempertahankan selisih 26 poin atau lebih dari pembalap peringkat kedua saat balapan MotoGP Valencia berakhir.


Berikut cara Joan Mir memastikan diri jadi juara dunia di MotoGP Valencia:

1. Finis Podium

Bila Joan Mir berhasil finis podium alias tiga besar, Joan Mir dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2020. Joan Mir tak butuh memandang hasil yang didapat Quartararo, Rins, dan pembalap lainnya.

Finis podium membuat Joan Mir bakal memiliki setidaknya 178 poin (bila finis ketiga), jumlah yang tak mungkin terkejar oleh Rins dan Quartararo di akhir musim.

Suzuki rider Joan Mir, of Spain, celebrates on the podium his third place in the Aragon Motorcycle Grand Prix at the Motorland circuit in Alcaniz, Spain, Sunday, Oct. 18, 2020. (AP Photo/Jose Breton)Joan Mir bisa memastikan juara dunia bila finis podium di MotoGP Valencia. (AP/Jose Breton)

2. Posisi 4-6

Joan Mir bisa memastikan gelar juara dunia bila ia finis di posisi keempat hingga keenam. Namun syaratnya, Alex Rins dan Fabio Quartararo juga tidak jadi pemenang di MotoGP Valencia alias maksimal hanya finis di posisi runner up.

Hal tersebut membuat Joan Mir masih punya selisih 27 poin atau lebih di klasemen MotoGP usai balapan MotoGP Valencia.

3. Posisi Ketujuh

Joan Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis di posisi ketujuh namun dengan syarat Alex Rins dan Fabio Quartararo maksimal hanya finis di posisi runner up. Hal itu akan membuat Mir punya selisih 26 poin atau lebih.

Selain itu, Maverick Vinales juga tak boleh juara karena ia masih punya peluang menyamai poin Joan Mir di akhir musim bila juara di MotoGP Valencia dan Joan Mir finis di posisi ketujuh [berselisih 25 poin].

Fabio Quartararo di kualifikasi MotoGP Prancis 2020.Performa Fabio Quartararo sedang menurun dalam beberapa seri terakhir. (Dorna Sports)

4. Posisi 8-10

Joan Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis di posisi kedelapan hingga kesepuluh namun dengan syarat Alex Rins dan Fabio Quartararo finis di luar dua besar alias maksimal finis di posisi ketiga.

Syarat lain, Maverick Vinales juga tidak boleh menjadi juara di MotoGP Valencia.

Catatan itu membuat Joan Mir masih punya selisih 26 poin atau lebih atas lawan-lawannya usai MotoGP Valencia berakhir.

Suzuki rider Alex Rins, of Spain, celebrates as he crosse the finish line after winning the Aragon Motorcycle Grand Prix at the Motorland circuit in Alcaniz, Spain, Sunday, Oct. 18, 2020. (AP Photo/Jose Breton)Secara matematika, Alex Rins jadi salah satu pembalap yang masih mungkin menggagalkan ambisi Joan Mir jadi juara dunia MotoGP 2020. (AP/Jose Breton)

5. Posisi 11

Joan Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis di posisi ke-11 namun dengan syarat Quartararo dan Rins finis di luar dua besar.

Syarat lain Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Franco Morbidelli tidak jadi juara di MotoGP Valencia.

6. Posisi 12-14

Joan Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis ke-12 namun dengan syarat Quartararo dan Rins di luar tiga besar.

Selain itu Vinales tidak boleh finis di posisi dua besar. Sedangkan Dovizioso dan Morbidelli tidak boleh juara MotoGP Valencia.

Andrea Dovizioso di konferensi pers jelang MotoGP Teruel 2020.Peluang Dovizioso dan Morbidelli untuk jadi juara dunia sangat kecil. (Dorna Sports)

7. Posisi 15

Joan Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis ke-15 namun dengan syarat Quartararo dan Rins finis di luar empat besar.

Selain itu Vinales juga tidak boleh finis di posisi dua besar.Sedangkan Dovizioso dan Morbideli tidak boleh juara MotoGP Valencia.

8. Finis di Luar 15 Besar atau Gagal Finis

Joan Mir bisa memastikan gelar juara dunia dengan finis di luar 15 besar atau gagal finis namun dengan syarat Quartararo dan Rins finis di luar empat besar.

Selain itu Vinales juga tidak boleh finis di posisi tiga besar. Sedangkan Dovizioso dan Morbidelli tidak boleh finis di posisi dua besar.

Balapan MotoGP Valencia berlangsung Minggu (15/11). Balapan MotoGP Valencia bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(ptr/sry)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK