Siapa Juara Dunia Moto2?

ptr, CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 12:03 WIB
Berikut perhitungan poin empat pembalap untuk menjadi juara dunia Moto2 2020 di seri terakhir di Portugal. Moto2 Portugal jadi penentuan gelar juara dunia. (AP/Alberto Saiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persaingan di Moto2 2020 mencapai klimaksnya di Moto2 Portugal. Berikut cara empat pembalap untuk jadi juara dunia Moto2.

Dengan menyisakan satu seri terakhir, masih ada empat pembalap yang berpeluang menjadi juara dunia Moto2 yaitu Enea Bastianini (194 poin), Sam Lowes (180), Luca Marini (176), dan Marco Bezzecchi (171). 

Bastianini jelas jadi pembalap yang paling berpeluang untuk jadi juara dunia Moto2 karena punya keunggulan 14 poin dari pesaing terdekat. Berikut gambaran peluang empat pembalap untuk jadi juara dunia Moto2 2020 di Portugal:


1. Enea Bastianini bakal juara dunia bila:

- Finis di posisi empat besar. Catatan itu membuat Bastianini memiliki poin minimal 207 poin, tak mungkin terkejar oleh Sam Lowes.

- Finis di posisi 5-8 dengan syarat Sam Lowes hanya sanggup finis maksimal sebagai runner up. Catatan itu membuat poin Bastianini masih di atas poin Sam Lowes (200 poin).

Italian rider Enea Bastianini of the Italtrans Racing Team competes in the Moto2 race during the European Grand Prix in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 8, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz)Enea Bastianini jadi pembalap paling difavoritkan untuk juara dunia Moto2. (AP/Alberto Saiz)

- Finis di posisi sembilan dengan syarat Sam Lowes hanya finis runner up dan Luca Marini gagal juara.

- Finis di posisi 10-13 dengan syarat Sam Lowes maksimal hanya peringkat ketiga dan Luca Marini maksimal hanya jadi runner up. Poin yang dimiliki Bastianini ada di angka 197, masih di atas koleksi ketiga pembalap pesaing.

- Finis di posisi ke-14 dengan syarat Sam Lowes maksimal hanya finis di peringkat keempat. Selain itu Luca Marini maksimal hanya finis runner up dan Marco Bezzecchi tidak juara.

- Finis di posisi ke-15 dengan syarat Sam Lowes maksimal finis di posisi keempat, Luca Marini maksimal finis di posisi ketiga, dan Marco Bezzecchi tidak juara.

- Finis di luar 15 besar atau gagal finis dengan syarat Sam Lowes finis maksimal di peringkat keempat, Luca Marini maksimal finis di posisi ketiga, dan Marco Bezzecchi tidak juara.

2. Sam Lowes bakal juara dunia bila:

- Juara Moto2 Portugal sedangkan Enea Bastianini finis di posisi kelima atau lebih buruk. Bila Sam Lowes dan Bastianini sama-sama mengoleksi 105 poin, Sam Lowes bakal juara dunia karena unggul jumlah kemenangan seri.

- Runner up dengan syarat Enea Bastianini hanya finis di posisi ke-11 atau lebih buruk serta Luca Marini gagal jadi pemenang Moto2 Portugal. Dengan demikian koleksi 200 poin milik Sam Lowes bakal jadi yang tertinggi.

- Peringkat ketiga dengan syarat Enea Bastianini hanya finis di posisi ke-15 atau lebih buruk, Luca Marini maksimal finis runner up, dan Marco Bezzecchi tidak juara MotoGP Portugal.

Britain's rider Sam Lowes of the EG 0,0 Marc VDS celebrates his victory in the Moto 2 race of the French Motorcycle Grand Prix at the Le Mans racetrack, in Le Mans, France, Sunday, Oct. 11, 2020. (AP Photo/David Vincent)Hasil buruk di dua seri terakhir membuat Sam Lowes jauh tertinggal dari Bastianini. (AP/David Vincent)

3. Luca Marini bakal juara dunia bila:

- Finis di posisi pertama dengan syarat Enea Bastianini hanya finis di posisi kesembilan atau lebih buruk dan Sam Lowes finis runner up atau lebih buruk.

Catatan itu membuat Luca Marini meraih 101 poin. Bila Bastianini finis di posisi kesembilan, Bastianini juga akan memiliki 101 poin. Namun Luca Marini dipastikan juara dunia karena punya jumlah kemenangan seri lebih banyak.

Sementara itu Sam Lowes hanya akan mengumpulkan 200 poin usai jadi runner up MotoGP Portugal.

- Finis di posisi kedua dengan syarat Enea Bastianini hanya finis di peringkat ke-15 atau lebih buruk dan Sam Lowes hanya finis di peringkat keempat atau lebih buruk serta Marco Bezzecchi tidak menjadi juara MotoGP Portugal.

Catatan itu membuat Luca Marini memiliki 196 poin, unggul atas Bastianini (195) dan Sam Lowes (193 poin).

Italy's Moto2 rider Luca Marini of the SKY Racing Team VR46 celebrates during Thailand's Moto2 at the Chang International Circuit in Buriram, Thailand, Sunday, Oct. 6, 2019. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)Luca Marini harus berharap Bastianini dan Lowes melakukan kesalahan untuk membuka peluang juara dunia.  (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

4. Marco Bezzecchi bakal juara dunia bila:

- Menang Moto2 Portugal dengan syarat Bastianini hanya finis di posisi ke-14 atau lebih buruk, Sam Lowes hanya finis di posisi ketiga atau lebih buruk, dan Luca Marini hanya finis runner up atau lebih buruk.

Bila keempat pembalap punya nilai sama, 196 dengan kondisi di atas, Bezzecchi bakal jadi juara dengan keunggulan jumlah podium setelah keempat pembalap sama-sama memenangkan tiga seri.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Bila poin pembalap sama, penentuan dilakukan lewat jumlah kemenangan lalu disusul jumlah podium. Berikut kondisi jumlah kemenangan seri dan jumlah podium empat pembalap hingga Moto2 Valencia:

Jumlah Juara seri: Bastianini (3), Lowes (3), Marini (3) Bezzecchi (2)

Jumlah podium: Bastianini (7), Lowes (6), Marini (5), Bezzecchi (7)

Balapan Moto2 dan MotoGP Portugal yang berlangsung Minggu (22/11) bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(ptr/jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK