MotoGP 2020: Hanya Seru di Awal, Satelit Juara Sejati

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 18:35 WIB
MotoGP 2020 selesai dengan memunculkan sejumlah kejutan. Salah satunya kesuksesan bagi sejumlah tim satelit. Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli menang tiga balapan di MotoGP 2020. (MOHD RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

MotoGP 2020 selesai dengan memunculkan sejumlah kejutan. Salah satunya kesuksesan bagi sejumlah tim satelit.

Pandemi virus corona atau Covid-19 memberi warna lain bagi pagelaran MotoGP tahun ini.

MotoGP Qatar yang rencananya menjadi seri pembuka pada 8 Maret harus batal. Sampai akhirnya Dorna Sports memutuskan pembukaan musim ini digelar di MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 19 Juli.


Wabah Covid-19 juga yang memaksa Dorna menggelar dua balapan di sirkuit yang sama guna menambah persaingan di musim ini.

Pada awal musim, MotoGP 2020 sepertinya tidak akan mengalami banyak perubahan. Layaknya musim-musim sebelumnya, Marc Marquez diprediksi sebagai calon kuat juara musim ini.

Disusul sejumlah nama pembalap senior lain seperti Maverick Vinales, Andrea Dovizioso hingga Fabio Quartararo. Nama legenda Valentino Rossi nyaris tidak tersebutkan sebagai calon peraih gelar juara musim ini.

Balapan pembuka di MotoGP Spanyol menyita perhatian. Usai start, Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Marc Marquez bersaing ketat demi posisi terdepan.

Drama pertama dimulai ketika Marquez keluar lintasan di tikungan 4 saat berduel dengan Vinales. Meski harus mengalami penurunan posisi, Baby Alien tetap memburu kemenangan.

Marc Marquez di Sirkuit Barcelona Jelang MotoGP Catalunya 2020.Absennya Marc Marquez membuat peta persaingan berubah. (Dorna Sports)

Nahas bagi sang juara bertahan. Usai menyalip Jack Miller dan ingin membalap Vinales, ia kecelakaan hebat di tikungan 3.

Kecelakaan itu juga yang membuatnya mengalami patah di lengan kanan dan harus dioperasi. Insiden Marquez bukan satu-satunya momen di seri pembuka.

Juara dunia 9 kali Valentino Rossi mengalami kerusakan listrik yang membuat motornya mogok di pertengahan balapan. The Doctor pun gagal finis.

Kecelakaan Aleix Espargaro, Joan Mir, dan masalah motor Iker Lecuona menambah sejumlah drama yang terjadi pada MotoGP Spanyol.

Sampai akhirnya Fabio Quartararo memenangi balapan MotoGP Spanyol yang jadi kemenangan pertama di MotoGP. Disusul Vinales dan Dovizioso di podium kedua serta ketiga.

Banner gif video highlights MotoGP

Usai kemenangan itu, nama Quartararo mulai dimunculkan sebagai salah satu penantang kuat bagi Marquez.

Quartararo sebagai calon juara MotoGP 2020 makin melambung usai tahu Marquez harus absen di MotoGP Andalusia atau seri kedua meski usai menjalani operasi sempat mengikuti latihan bebas.

Untuk kedua kalinya Quartararo membuktikan layak jadi pemburu gelar juara setelah menang di MotoGP Andalusia.

Kejutan lain muncul di seri ketiga, MotoGP Ceko di Sirkuit Brno. Pembalap rookie Brad Binder jadi pemenang.

Sementara, penurunan performa dialami Quartararo yang back to back juara di dua seri sebelumnya dengan finis ketujuh di MotoGP Ceko.

Dovizioso yang gagal podium di Andalusia dan Ceko bangkit dengan menang di MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring. Quartararo secara beruntun gagal naik podium. Meski demikian, Quartararo masih jadi pemuncak klasemen.

Pembalap satelit Tech3 Miguel Oliveira tidak ingin kalah dalam mencatatkan namanya sebagai pemenang balapan di musim ini usai jadi kampiun di MotoGP Styria.

Kemenangan Oliveira membuat persaingan juara MotoGP 2020 masih stagnan, karena Quartararo, Dovizioso, dan Vinales gagal podium.

Kejayaan tim-tim satelit makin menjadi di seri kelima, di MotoGP San Marino. Rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli menang di MotoGP San Marino.

Tim-tim pabrikan pun dikepung tim satelit. Sampai dengan 6 balapan yang digelar, tim pabrikan baru dua kali menang melalui Dovizioso dan Binder, sedangkan tim satelit 4 kali menang balapan: Quartararo dua kali, Oliveira, dan Morbidelli.

Maverick Vinales mencoba menyelamatkan wajah tim pabrikan terutama Yamaha dengan menang di MotoGP Emilia Romagna. Kemenangan Vinales membuat MotoGP 2020 memiliki 6 pemenang berbeda dalam 7 balapan.

Joan Mir Mendadak Muncul dan Kunci Gelar Juara

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK