5 Pantangan Shin Tae Yong bagi Timnas Indonesia U-19

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 18:11 WIB
Pelatih Shin Tae Yong menerapkan aturan ketat dengan memberlakukan sejumlah larangan bagi Timnas Indonesia U-19. Shin Tae Yong menerapkan aturan ketat kepada Timnas U-19. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Shin Tae Yong kerap memberlakukan aturan ketat bagi Timnas Indonesia U-19. Berikut larangan yang diterapkan Shin Tae Yong kepada Timnas U-19.

Shin Tae Yong memiliki tanggung jawab membawa Timnas Indonesia U-19 bersinar di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang saat Indonesia jadi tuan rumah.

Guna mencapai target tersebut, Shin Tae Yong menerapkan sejumlah aturan agar para pemainnya maksimal dalam persiapan maupun saat pertandingan.


Bukan sekadar aturan, tata tertib itu kerap berbuah sanksi bagi David Maulana dan kawan-kawan. Tidak tanggung-tanggung, larangan yang dilanggar tersebut berujung pemulangan bagi para pemain.

5 Pantangan Shin Tae Yong bagi Timnas U-19:

1. Makan Gorengan

Gorengan merupakan camilan yang umum di Indonesia. Cocok dinikmati di kala senggang. Akan tetapi, makanan tersebut pantang bagi Shin Tae Yong dan tidak boleh dikonsumsi Timnas U-19.

[Gambas:Video CNN]

"Selain itu beliau [Shin Tae Yong] juga melarang kami untuk makan gorengan, karena menurutnya itu akan mengganggu fisik kami sebagai seorang pemain sepak bola," kata Komang Tri Arta Wiguna.

2. Makanan yang Digoreng dan Pedas

Makanan jadi salah satu yang mendapat fokus tersendiri bagi Shin Tae Yong kepada Timnas Indonesia U-19. Aspek ini juga yang diterapkan ketika Garuda Muda pemusatan latihan di Kroasia pada dua bulan lalu.

Banner gif video highlights MotoGP

"Kami tidak membolehkan menu makanan yang banyak digoreng dan pedas, tentunya. Pemain harus banyak minum air putih dan [makan] buah," ujar Lee Jae Hong dikutip dari situs resmi PSSI.

3. Pulang Pagi

Pulang pagi jadi pantangan yang umum bagi atlet, termasuk pesepakbola atau pemain Timnas Indonesia U-19. Akibat melanggar pantangan itu juga Serdy Ephy Fano dan Mochamad Yudha Febrian dicoret dari Timnas Indonesia U-19 pada Senin (23/11).

4. Tidak Timbang Badan

Akibat pulang pagi dan tiba di hotel, Serdy Ephy Fano dan Mochamad Yudha Febrian tidak mengikuti sesi timbang badan jelang latihan di Stadion Madya. Absen dalam sesi tersebut membuat keduanya dipulangkan ke klub masing-masing.

5. Terlambat Latihan

Terlambat jadi hal lain yang tidak disukai Shin Tae Yong. Serdy Fano sendiri sudah dua kali dicoret dari Timnas U-19 karena terlambat latihan. Selain kasus baru-baru ini, Serdy Fano juga pernah didepak pada akhir Agustus jelang TC di Kroasia.

(sry/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK