Mengenang Maradona vs Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

jun, CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 07:11 WIB
Timnas Indonesia memiliki kenangan pahit saat menghadapi timnas Argentina yang diperkuat Diego Maradona di Piala Dunia U-20 1979. Timnas Indonesia pernah menghadapi Diego Maradona di Piala Dunia U-20 1979. (AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia memiliki kenangan pahit saat menghadapi timnas Argentina yang diperkuat Diego Maradona di Piala Dunia U-20 1979.

Indonesia pertama kali tampil di turnamen ini saat masih bernama FIFA World Youth Championships pada tahun 1979.

Saat itu Indonesia mengawali turnamen dengan menghadapi Argentina. Argentina saat itu diperkuat Maradona yang sudah jadi pemain muda harapan di kompetisi domestik.


Namun, langkah Garuda Muda di ajang tersebut tidak terlalu bagus karena hanya menjadi juru kunci dan dibantai Maradona dan kawan-kawan yang mengakhiri turnamen sebagai juara.

Indonesia yang ketika itu diwakili Endang Tirtana dan kawan-kawan mengakhiri pertandingan dengan kekalahan telak 0-5. Maradona mencetak dua gol dan tiga gol lainnya dibukukan oleh Ramon Diaz yang dalam perjalanan kariernya kemudian sempat berkostum Inter Milan.

Argentinian football legend Diego Armando Maradona (R) vies with Argentina's  Juan Sebastian Veron during the 'Match of Peace - United for Peace' charity football match promoted by the Schools for Encounter foundation at the Olympic stadium in Rome on October 12, 2016.  / AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTEDiego Maradona dalam sebuah pertandingan persahabatan pada 2016. (AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE)

Setelah kalah dari Argentina, Indonesia tidak mampu bangkit di dua laga berikutnya. Indonesia dihajar oleh Polandia dengan skor 0-6 dan ditaklukkan Yugoslavia dengan skor 0-5.

Indonesia mengakhiri babak penyisihan grup tanpa poin, gagal mencetak gol, dan kebobolan 16 gol.

Keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 membuat Skuad Garuda bakal tampil untuk kedua kalinya di ajang tersebut.

Kenangan pertama Indonesia di ajang ini cukup menyedihkan karena harus berhadapan dengan Maradona yang kemudian menjadi legenda sepak bola dunia.

Banner gif video highlights MotoGP

Laga tersebut hanya tinggal kenangan setelah Maradona meninggal dunia pada Rabu (25/11). Legenda Boca Juniors dan Napoli itu mengembuskan napas terakhir di usia 60 tahun akibat serangan jantung.

Tiga pekan sebelumnya Maradona dilarikan ke rumah sakit dan harus menjalani operasi otak. Setelah diperbolehkan pulang dan menjalani pemulihan di kediamannya, Si Tangan Tuhan meninggal dunia.

(jun/jun)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK